Sri Mulyani dan Nicke Widyawati Masuk Daftar Wanita Berpengaruh Dunia

Saat berada di Bank Dunia, Sri Mulyani menggunakan platformnya untuk mempromosikan kesetaraan gender.
Image title
Oleh Ekarina
9 Desember 2020, 15:43
Sri Mulyani, Nicke Widyawati, Pertamina, Bank Dunia, Perempuan, Kementerian Keuangan.
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menteri Keuangan Sri Mulyani bersiap mengikuti rapat terbatas (ratas) tentang peningkatan peringkat pariwisata Indonesia di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (17/2/2020). Sri Mulyani kembali masuk daftar perempuan paling berpengaruh dunia versi Majalah Forbes.

Menteri Keuangan Sri Mulyani masuk ke dalam jajaran 100 perempuan paling berpengaruh dunia versi Majalah Forbes. Selain itu, terdapat pula nama Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati di urutan ke 25 bersama dengan sejumlah tokoh perempuan dunia lainnya.

Forbes menuliskan, Sri Mulyani kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia untuk yang kedua kali setelah menjabat sebagai Managing Director dan COO Bank Dunia.

Sebagai menteri keuangan, ia dinilai berhasil meningkatkan pendapatan negara melalui reformasi perpajakan yang akan memperluas layanan e-filing dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

Tahun lalu, perempuan 58 tahun ini menerima penghargaan bergengsi sebagai Menteri Terbaik dalam pertemuan World Goverment Summit atas upayanya melaksanakan reformasi.

Saat berada di Bank Dunia, dia menggunakan platformnya untuk mempromosikan kesetaraan gender.

"Indrawati menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia dari 2005 hingga 2010, membantu membimbing transisi negara dari otokrasi menuju demokrasi," tulis Forbes dalam laporannya dikutip, Rabu(9/12).

Atas prestasinya ini, Forbes memasukan Sri Mulyani ke dalam daftar perempuan paling berpengaruh dunia di urutan ke 78.

Warga Negara Indonesia lain yang masuk dalam daftar adalah CEO dan Presiden Direktur perusahaan minyak dan gas Pertamina. Ia merupakan perempuan kedua yang menduduki jabatan tersebut setelah Karen Agustiawan. 

Karena Pertamina adalah milik negara, pekerjaan Widyawati bergantung pada keputusan pemerintah. 

"Pada Juni 2020, seorang anggota kabinet mengatakan kepada pers lokal bahwa Widyawati masih yang terbaik untuk peran itu dan mampu melaksanakan tugas apa pun yang diberikan kepadanya," tulis Forbes.

Perusahaan memperoleh pendapatan hampir US$ 55 miliar pada 2019 dan laba bersih US$ 2,5 miliar.

"Pada musim semi 2020, Widyawati meningkatkan ekspektasi investor dengan mengungkapkan bahwa ia mengharapkan 45% pendapatan perusahaan terkait Covid-19," tulis Forbes.

Sederet nama tokoh terkenal mengisi daftar 100 perempuan paling berpengaruh dari berbagai kalangan, seperto tokoh politik, pejabat dunia, artis hingga pengusaha.

Tahun ini, Forbes menempatkan kanselir Jerman, Angela Markel diikuti Direktur Pelaksana dan Ketua Dana Moneter Internasional (IMF),  Christine Lagarde  serta Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih, Kamala Harris.

Dalam daftar 10 besar, terdapat pula nama Mellinda Gates, istri dari miliarder Bill Gates yang aktif di bidang ilmu pengetahuan dan filantropi. Kemudian Merry  Barra, CEO General Motors (GM), salah satu produsen otomotif terbesar AS dan sejumlah nama besar lainnya yang sudah cukup dikenal seperti Ratu Elizabeth II,  Oprah Winfrey hingga Rihanna. 

 

 

 

 

Editor: Ekarina
Video Pilihan

Artikel Terkait