Sri Mulyani dan Nicke Widyawati Masuk Daftar Wanita Berpengaruh Dunia

Image title
Oleh Ekarina
9 Desember 2020, 15:43
Sri Mulyani, Nicke Widyawati, Pertamina, Bank Dunia, Perempuan, Kementerian Keuangan.
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menteri Keuangan Sri Mulyani bersiap mengikuti rapat terbatas (ratas) tentang peningkatan peringkat pariwisata Indonesia di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (17/2/2020). Sri Mulyani kembali masuk daftar perempuan paling berpengaruh dunia versi Majalah Forbes.

Menteri Keuangan Sri Mulyani masuk ke dalam jajaran 100 perempuan paling berpengaruh dunia versi Majalah Forbes. Selain itu, terdapat pula nama Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati di urutan ke 25 bersama dengan sejumlah tokoh perempuan dunia lainnya.

Forbes menuliskan, Sri Mulyani kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia untuk yang kedua kali setelah menjabat sebagai Managing Director dan COO Bank Dunia.

Advertisement

Sebagai menteri keuangan, ia dinilai berhasil meningkatkan pendapatan negara melalui reformasi perpajakan yang akan memperluas layanan e-filing dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

Tahun lalu, perempuan 58 tahun ini menerima penghargaan bergengsi sebagai Menteri Terbaik dalam pertemuan World Goverment Summit atas upayanya melaksanakan reformasi.

Saat berada di Bank Dunia, dia menggunakan platformnya untuk mempromosikan kesetaraan gender.

"Indrawati menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia dari 2005 hingga 2010, membantu membimbing transisi negara dari otokrasi menuju demokrasi," tulis Forbes dalam laporannya dikutip, Rabu(9/12).

Atas prestasinya ini, Forbes memasukan Sri Mulyani ke dalam daftar perempuan paling berpengaruh dunia di urutan ke 78.

Warga Negara Indonesia lain yang masuk dalam daftar adalah CEO dan Presiden Direktur perusahaan minyak dan gas Pertamina. Ia merupakan perempuan kedua yang menduduki jabatan tersebut setelah Karen Agustiawan. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement