Anak dan Mantu Jokowi Unggul Pilkada Versi Hasil Hitung Cepat

Image title
Oleh Ekarina
9 Desember 2020, 19:39
Pilkada, Gibran, Jokowi, Politik, PDIP.
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww.
Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo dari partai PDI Perjuangan Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan Teguh Prakosa (kanan) menggelar jumpa pers hasil hitung cepat internal partai. Gibran unggul sementara berdasarkan hasil hitung cepat dalam ajang Pilkada Surakarta.

Hasil hitung cepat (quick count) dua lembaga survei pada ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Surakarta hingga pukul 19.08 WIB, pasangan Gibran Rakabuming Raka - Teguh Prakosa unggul telak dari pesaingnya, Bagyo Wahyono dan FX Suparjo.

Lembaga Survei Charta Politica mencatat, dari 100% suara yang masuk, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) unggul dengan perolehan 87,15% suara. Sedangkan kubu Bagyo Wahyono dan FX Suparjo hanya memperoleh 12,85% suara.

Sedangkan data Voxpoll Centre menunjukkan, Gibran-Teguh unggul dengan 86,65% suara, sedangkan Bagyo-Supardjo hanya mendapatkan 13,34% suara

Dalam ajang ini, pasangan Gibran-Teguh diusung PDIP, Gerindra, Golkar, PSI. Sedangkan Bagyo merupakan calon perseorangan.

Dikutip dari Antara, pasangan Gibran diketahui menang telak di tempat pemungutan suara (TPS) 22 atau ditempanya mencoblos dengan perolehan 171 suara. Sedangkan pasangan lawan hanya memperoleh 24 suara. Sementara itu, 13 surat suara tidak sah.

"Sehingga total suara yang tercoblos sebanyak 208. Kalau DPT (daftar pemilih tetap) yang terdaftar sebanyak 314," kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 22 Toto Saronto.

Pasangan Gibran-Teguh bahkan unggul jauh di TPS 8 tempat pencoblosan rivalnya. Dari penghitungan suara, pasangan tersebut unggul dengan 146 suara, sedangkan pasangan Bagyo-Suparjo meraih 58 suara.

Ketua KPPS Andre Musono mengatakan untuk surat suara tidak sah sebanyak 45 dengan mayoritas pemilih mencoblos kedua calon.

Menanggapi kemenangan sementara ini, Gibran mengaku akan melanjutkan aktivitas blusukan sambil menunggu hasil resmi penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal tersebut dia lakukan sambil berkomunikasi intensif dengan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo.

"Kalau saya mengisi dalam bulan-bulan ini akan tetap turun ke warga untuk melakukan kegiatan, seperti pembagian masker, vitamin," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Rabu.

Ia pun mengaku belum memberikan kabar kepada orang tuanya atas kemenangan sementara ini. Gibran mengatakan, bakal menghubungi Jokowi malam ini. "Saya belum telepon lagi, mungkin nanti malam," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...