Fenomena Band Korea BTS yang Menyamai Jejak The Beatles

Image title
Oleh Ekarina
12 Desember 2020, 07:30
BTS, Boyband, Korea Selatan, Pandemi Corona, Covid-19, Youtube.
ANTARA FOTO/REUTERS/Heo Ran/pras/cf
Penggemar grup kpop BTS, melakukan swafoto di sebuah kafe. Majalah TIME menobatkan grup musik BTS sebagai Entertainer of The Year 2020 karema prestasinya.

Majalah TIME menempatkan BTS atau Bangtan Boys, sebagai Entertainer of the Year 2020. Boyband asal Korea Selatan ini dianggap mencetak berbagai prestasi sepanjang 2020, bahkan di tengah pandemi Covid-19.

Dalam laporannya, TIME menulis, BTS bukan sekedar artis K-pop yang mampu menempati puncak tangga lagu Billboard 200. Mereka telah menjadi band terbesar dunia dengan merilis beberapa album yang memecahkan rekor serta muncul di layanan streaming pada 2020.

Advertisement

Grup musik yang terdiri dari tujuh personel yakni RM, Jin, SUGA, J-ope, Jimin, V, dan Jung Kook langsung melesat ke puncak teratas musik pop. Capaian ini terjadi ketika dunia hiburan berhenti sejenak selama pandemi.

Selebritas lain mencoba melewatkan tantangan tahun ini kebanyakan gagal. Namun BTS justru mampu mengukir prestasi internasional dengan basis penggemar yang disebut ARMY semakin loyal di masa pandemi.

Rencana tur global yang disiapkan pada Maret lalu batal karena wabah corona. Tapi kekecewaan itu terbayarkan lantaran single berbahasa Inggris, Dynamite, berhasil menduduki puncak tangga lagu teratas Amerika Serikat (AS) Billboard Hot 100 selama dua pekan berturut-turut.

Debut lagu baru Dynamite yang dirilis Agustus lalu bahkan berhasil memecahkan rekor. Dalam 24 jam pertama, lagu tersebut telah dinikmati 101,1 juta penonton.

Single tersebut juga berhasil masuk nominasi Grammy Award 2021. BTS menjadi satu-satunya grup K-Pop yang berhasil masuk nominasi Grammy. 

Album terbaru mereka tahun ini, yakni "Be" berhasil menempati chart Billboard 200. "“Ada kalanya saya masih terkejut dengan semua hal tak terbayangkan yang terjadi,” kata Suga dikutip dari TIME, Jumat (11/12).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement