Fenomena Band Korea BTS yang Menyamai Jejak The Beatles

BTS didapuk TIME sebagai Entertainer of the Year 2020, juga disandingkan dengan kepopuleran The Beatles. Di masa pandemi, BTS mengukir prestasi internasional dengan basis penggemar yang makin loyal.
Image title
Oleh Ekarina
12 Desember 2020, 07:30
BTS, Boyband, Korea Selatan, Pandemi Corona, Covid-19, Youtube.
ANTARA FOTO/REUTERS/Heo Ran/pras/cf
Penggemar grup kpop BTS, melakukan swafoto di sebuah kafe. Majalah TIME menobatkan grup musik BTS sebagai Entertainer of The Year 2020 karema prestasinya.

Majalah TIME menempatkan BTS atau Bangtan Boys, sebagai Entertainer of the Year 2020. Boyband asal Korea Selatan ini dianggap mencetak berbagai prestasi sepanjang 2020, bahkan di tengah pandemi Covid-19.

Dalam laporannya, TIME menulis, BTS bukan sekedar artis K-pop yang mampu menempati puncak tangga lagu Billboard 200. Mereka telah menjadi band terbesar dunia dengan merilis beberapa album yang memecahkan rekor serta muncul di layanan streaming pada 2020.

Grup musik yang terdiri dari tujuh personel yakni RM, Jin, SUGA, J-ope, Jimin, V, dan Jung Kook langsung melesat ke puncak teratas musik pop. Capaian ini terjadi ketika dunia hiburan berhenti sejenak selama pandemi.

Selebritas lain mencoba melewatkan tantangan tahun ini kebanyakan gagal. Namun BTS justru mampu mengukir prestasi internasional dengan basis penggemar yang disebut ARMY semakin loyal di masa pandemi.

Rencana tur global yang disiapkan pada Maret lalu batal karena wabah corona. Tapi kekecewaan itu terbayarkan lantaran single berbahasa Inggris, Dynamite, berhasil menduduki puncak tangga lagu teratas Amerika Serikat (AS) Billboard Hot 100 selama dua pekan berturut-turut.

Debut lagu baru Dynamite yang dirilis Agustus lalu bahkan berhasil memecahkan rekor. Dalam 24 jam pertama, lagu tersebut telah dinikmati 101,1 juta penonton.

Single tersebut juga berhasil masuk nominasi Grammy Award 2021. BTS menjadi satu-satunya grup K-Pop yang berhasil masuk nominasi Grammy. 

Album terbaru mereka tahun ini, yakni "Be" berhasil menempati chart Billboard 200. "“Ada kalanya saya masih terkejut dengan semua hal tak terbayangkan yang terjadi,” kata Suga dikutip dari TIME, Jumat (11/12).

Tak hanya penjualan album, BTS yang Oktober lalu mengadakan konser virtual yang disebut-disebut sebagai konser terbesar. Konser yang digelar dua hari tersebut berhasil mendatangkan hampir 1 juta penonton dari 191 negara dan kawasan.

Disamakan dengan Beatles

Prestasi internasional yang melesat, membuat grup ini kerap disandingkan dengan grup legedaris, The Beatles.

BTS menjadi grup musik pertama setelah The Beatles yang berhasil menempati puncak tangga lagu Billboard 200 dengan empat album berbeda dalam satu tahun sembilan bulan.

“Yang berbeda adalah kami berusia tujuh tahun, dan kami juga menari,” kata V. 

Sementara dilansir dari CNN.com, salah satu anggota The Beatles, Paul McCartney sebelumnya memuji kesuksesan BTS. Dalam siaran podcast Smartless, Paul McCartney mengatakan mengikuti perkembangan musik saat in, termasuk fenomena mendunianya BTS. 

"Saya merasa apa yang sedang dialami BTS mirip dengan yang pernah The Beatles alami. BTS, kawan saya dari Korea! Saya suka melihat karya kalian," kata Paul McCartney dilansir dari Koreaboo.

Forbes pada 2019 menuliskan BTS sebagai salah satu grup musik dengan bayaran tertinggi mencapai US$ 50 juta sebelum pajak. 

Editor: Ekarina

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait