Wakil Mentan Harvic Hasnul Ingin Terobosan di Sektor Pangan

Image title
Oleh Ekarina
24 Desember 2020, 15:37
Wakil Menteri, Pertanian, Lumbung Pangan, Food Estate, Asuransi, Pandemi Corona .
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/hp.
Petani memanen padi di areal sawah terasering desa Bantaragung, Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (14/11/2020). Wakil Menteri Pertanian Haverick Hasnul Qolbi memaparkan strateginya di bidang pertanian.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Harvick Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian. Ia mengungkapkan sejumlah rencana menggeliatkan sektor pertanian dan meningkatkan produksi pangan.

Mantan Bendahara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini mengatakan bakal membantu Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mencapai visi Presiden Jokowi di bidang pertanian. Salah satunya, peningkatan kesejahteraan petani melalui peningkatan produksi.

"Konsolidasi kelompok tani juga penting agar lebih bisa massif dan memiliki daya saing," katanya dalam pesan singkat kepada Katadata.co.id, Kamis (24/12). 

Dia juga mengatakan, pandemi ini memberikan pekerjaan rumah (PR) besar dalam bidang ketahanan pangan. Kondisi ini banyak membuat masyarakat dan pelaku usaha terdampak.

"Karena itu persoalan ini memang menjadi salah satu pesan krusial Presiden kepada saya untuk membantu Mentan," ujarnya.

Strategi pertanian perlu dilakukan dengan cara mendorong inovasi penyimpanan hasil panen yang bersifat tahan lama dan menjaga kualitas. Agar tidak selalu merugi karena berbagai risiko hasil panen, petani juga memerlukan asuransi pertanian.

Sedangkan untuk memperkuat ketahanan pangan dan meningatkan minat bercocok tanam masyakat, dia menilai masih ada berbagai sejumlah kendala tanam. Seperti, keterbatasan lahan, dan upah petani yang kian menurun.

"Pekerjaan rumah ini yang perlu dibenahi dan menjadikan pertanian sebagai benteng perekonomian, terutama di masa sulit seperti ini,"' kata dia.

Oleh karena itu, langkah konkrit seperti pembangunan food estate dinilai perlu dilakukan, untuk mendiversifikasi hasil komoditas pangan.

Halaman:
Reporter: Muhammad Ahsan Ridhoi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...