Investasi Properti Asia Pasifik 2021 Naik 20%, Logistik jadi Primadona

Image title
Oleh Ekarina
29 Desember 2020, 09:10
Properti, Industri, Investasi, Asia Pasifik, Pasar, Bisnis, Pandemi Corona, Logistik
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Pembangunan tower apartment Meikarta di Bekasi, Jawa Barat. Sektor properti Asia Pasifik diramal tumbuh pada 2021 terdorong sektor logistik.

Investasi properti dan real estate di Asia-Pasifik diperkirakan naik 15% hingga 20% pada 2021. Properti sektor logistik diperkirakan lebih diminati dan diprediksi menjadi pendorong pertumbuhan permintaan, dibandingkan segmen perkantoran kawasan tersebut.

Permintaan properti logistik muncul di tengah derasnya permintaan dari peretail bahan makanan, perusahaan layanan kesehatan, dan penyedia e-commerce, menurut konsultan real estate, JLL. Investor mengejar imbal hasil di tengah suku bunga rendah

Investasi penyewaan properti hunian multi-keluarga, perumahan siswa (asrama atau kos-kosan), co-living dan perawatan, juga akan meningkat pada 2021.

Kepala Eksekutif  Pasar Modal Asia-Pasifik JLL, Stuart Crow mengatakan pemulihan sektor usaha pada akhir tahun ini dan diprediksi berlanjut pada 2021. Alhasil, investor kembali meningkatkan eksposur ke real estate Asia-Pasifik.

"Untuk jangka panjang, prospek investasi tetap positif mengingat ekspektasi suku bunga rendah berkelanjutan dan pencarian imbal hasil," kata Crow dikutip dari South China Morning Post, Senin (28/12). 

Di Asia-Pasifik, sektor logistik tetap tangguh meski dihantam pandemi global. Pada semester pertama 2020, ketika volume transaksi properti keseluruhan turun 32% secara tahunan (year on year/yoy) properti sektor  logistik hanya turun 6%, menurut data JLL.

Pandemi corona telah mempercepat megatren serta mendukung segmen properti industri, seperti pusat data dan fasilitas penyimpanan dan barang-barang medis.

"(Tren ini) akan terus mendapatkan keuntungan dari arus modal karena ekspektasi permintaan jangka panjang yang positif dan pasokan yang terbatas," katanya. 

Di Tiongkok, permintaan fasilitas atau gudang logistik menguat, terutama di Dongguan, sebuah kota di Greater Bay Area, menurut Colliers International.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...