Penggemar Mobil Tesla Paling Loyal di Dunia

Image title
Oleh Ekarina
4 Januari 2021, 11:55
Tesla, Otomotif, Brand, Merek, Mobil Listrik, Pandemi Corona, Covid-19.
ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song
Mobil Tesla Model-3 buatan Tiongkok terlihat dalam acara pengiriman di pabriknya di Shanghai, Selasa (7/1/2020). Tesla menjadi brand dengan loyalitas konsumen tertinggi di dunia.

Riset perusahaan analis data Experian menunjukkan produsen mobil listrik Tesla menjadi brand dengan loyalitas tertinggi di antara merek mobil dunia pada 2020.  Brand lain yang memiliki loyatitas tinggi di tempat berikutnya adalah Subaru, Toyota, Honda, dan Ford dan General Motors (GM) dalam hal loyalitas merek di segmen pabrikan. 

"Loyalitas kendaraan adalah metrik untuk mengukur tingkat kesetiaan pelanggan," kata Konsultan Otomotif Senior untuk Experian, Marty Miller dikutip dari Forbes, Senin (4/1).

Experian mengukur loyalitas dengan beberapa cara berbeda. Loyalitas merek merupakan merek yang tetap digunakan atau dibeli kembali oleh konsumen ketika kendaraan sebelumnya dijual atau dialihka ke tangan lain. 

Experian juga mengukur loyalitas model, layanan, dealer dan lainnya. Sedangkan dalam hal loyalitas rumah tangga, lembaga ini juga mengukur bagaimana pembeli dalam satu rumah memiliki kendaraan dengan merek yang sama. 

Hasilnya, diketahui bahwa Subaru dan Tesla memimpin kedua kategori tersebut untuk periode 12 bulan yang berakhir Juli 2020.

"Satu hal yang konsisten saat ini, bahkan ketika volume kendaraan menurun, kami menemukan bahwa Tesla dan Subaru memimpin kedua metrik loyalitas selama periode tersebut," kata Miller.

Sebanyak 70,7% pemilik Tesla yang menjual produknya akan kembali membeli mobil merek ini dengan tipe baru lainnya. Sedangkan, 74,7% pemilik Tesla menunjukkan kesetiaan penggunaan merek ini di kategori rumah tangga.

Subaru berada di urutan ke dua dengan 67,8% loyalitas merek untuk kepemilikan yang sama, dan 72,2% loyalitas untuk rumah tangga. 

Hingga kuartal ketiga 2020 secara tahunan (year on year), Tesla adalah satu-satunya merek otomotif yang mampu mencetak kenaikan 21,4% selama pandemi corona menjadi sekitar 196.000, menurut Pusat Data Berita Otomotif.

Sedangkan penjualan Subaru turun 16,9% sepanjang kuartal ketiga tahun ini dengan total penjualan industri menurun 18,4%. Namun demikian, Subaru mampu mempertahankan pangsa pasar.

Experian juga mencatat, General Motors sebagai brand paling setia memproduksi kendaraan lain dengan tingkat loyalitas pabrikan 68,4%. Merek kendaraan baru yang diproduksi GM di pasar AS antara lain Chevrolet, Buick, GMC, dan Cadillac.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...