Kapasitas Menipis, Rumah Sakit Covid-19 Prioritaskan Pasien Bergejala

Image title
7 Januari 2021, 07:40
Rumah Sakit, Covid-19, Pandemi Corona, Satgas Covid-19, Gerakan 3M.
ANTARA FOTO/Kompas/Heru Sri Kumoro/Pool/aww.
Petugas medis bersiap di ruang instalasi gawat darurat Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Kapaistas rumah sakit Covid-19 semakin menipis.

Kapasitas rumah sakit rujukan Covid-19 semakin menipis. Rumah sakit diminta selektif dalam menerima dan menangani pasien Covid-19 dengan pengkhususan bagi yang bergejala sedang, berat dan kritis.

Satuan tugas (Satgas) penanganan Covid-19 sebelumnya mencatat, di beberapa daerah, keterisian ruang unit perawatan intensif (ICU) dan tempat tidur sudah melebihi 70%. Sebanyak 9 provinsi memiliki keterisian rumah sakit tertinggi.

Daerah tersebut di antaranya Jakarta sebanyak 84,75%, Banten 84,52%, Yogyakarta 83,36%, Jawa Barat 79,77%, Sulawesi Barat 79,31%, Jawa Timur 78,41%, Jawa Tengah 76,27%, Sulawesi Selatan 72,40% dan Sulawesi Tengah 70,59%.

Dengan kondisi tersebut, Sekretaris Jenderal Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Lia G Partakusuma menyarankan, rumah sakit lebih cermat menangani pasien. 

Agar dapat terlayani, pasien diminta untuk melakukan testing sebelum dirawat. Tak hanya itu, pasien diminta tidak ditunggu oleh anggota keluarga, guna menghindari penyebaran virus yang lebih luas. 

“Kami meminta masyarakat memahami ketersediaan tempat tidur sudah terbatas. Sehingga, jangan lagi menambah jumlah pasien yang harus dirawat di rumah sakit,” ujar Lia kepada Katadata.co.id, Rabu (6/1).

Pihak rumah sakit terus berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 daerah dalam mendata tingkat keterpakaian kamar rumah sakit. Satgas daerah juga mengumpulkan rumah sakit rujukan dari tempat isolasi yang ditunjuk Pemerintah Daerah (Pemda).

Di sisi lain, anggota perhimpunan rumah sakit pun tengah berupaya menambah kapasitas ruang isolasi agar pasien dapat ditangani. “Kami juga berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Satgas Covid-19 daerah, agar kapasitas ruang isolasi dapat ditambah,” kata dia.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menyebutkan, minimnya ketersediaan ruang isolasi maupun tempat tidur di rumah sakit, menjadi alarm bagi seluruh pihak.

Halaman:
Reporter: Annisa Rizky Fadila
Editor: Ekarina

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...