Menteri ESDM Harap 8 Anggota Baru DEN Pacu Agenda Energi Pemerintah

Image title
8 Januari 2021, 13:21
Dewan Energi Nasional, Kementerian ESDM, Energi, Pandemi Corona, Migas, Energi Terbarukan .
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Menteri ESDMÊArifin Tasrif menyampaikan capaian kinerja 2019 dan program 2020 di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (9/1/2020). Menteri ESDM resmi melantik 8 Dewan Energi Nasional (DEN) periode 2020-2025.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif melantik 8 orang anggota Dewan Energi Nasional (DEN) periode 2020 - 2025. Mereka berasal dari kalangan pemangku kepentingan di sektor energi. 

Anggota DEN tersebut sebelumnya diangkat oleh Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 135/P Tahun 2020 tanggal 30 Desember 2020 setelah melalui proses penyaringan. 

Arifin yang juga menjabat Ketua Harian DEN berharap anggota baru dapat mengakselerasikan kebijakan program energi pemerintah sesuai bidang dan  pengalamannya masing-masing.

Sehingga, semua pihak dapat membantu mewujudkan serta melaksanakan program strategis dengan baik.

"Saya ucapkan selamat dan berharap saudara-saudara dapat melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya," kata Arifin di Kantor Kementerian ESDM, Jumat (8/1).

Undang-undang Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi mengamantkan tugas para anggota DEN yakni merancang dan merumuskan Kebijakan Energi Nasional (KEN), menetapkan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN).

Kemudian, menetapkan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), menetapkan langkah-langkah krisis dan darurat energi serta melakukan pengawasan kebijakan energi yang bersifat lintas sektoral.

Pemerintah sedang menyiapkan berbagai strategi untuk menghadapi tantangan ke depan. Khususnya terkait dengan permintaan sektor energi yang terus meningkat, namun tak diimbangi dengan jumlah produksi minyak dan gas bumi yang tersedia saat ini.

"Untuk menghadapi tantangan tersebut kita sedang menyusun strategi meningkatkan produksi crude 1 juta barel di 2030," ujarnya.

Untuk itu, ia berpesan agar program-program tersebut dapat digunakan untuk mereview dan mengevaluasi Rencana Umum Energi Nasional (RUEN). Terlebih dengan adanya perubahan indikator energi maupun ekonomi pasca merebaknya pandemi Covid-19.

Adapun delapan anggota DEN yang dilantik pagi ini terdiri dari dua orang mewakili unsur akademisi, dua orang dari industri, dua orang mewakili konsumen, satu orang mewakili bidang teknologi, dan satu orang dari unsur lingkungan hidup.Berikut  rincian nama-namanya:

1. Dr. Ir. Agus Puji Prasetyono, M.Eng., IPU. (Kalangan Akademisi)

2. Dr. Ir. Musri, M.T. (Kalangan Akademisi)

3. Ir. Satya Widya Yudha, M.Sc. (Kalangan Industri)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...