Hidangan Khas Buka Puasa dari 5 Negara Asia

Image title
10 Mei 2021, 16:16
KULINER PALEMBANG TEMPO DULU
ANTARA FOTO/Feny Selly/rwa.

Bulan suci Ramadan menjadi salah satu momen yang ditunggu umat muslim dunia. Berbagai negara biasanya memiliki kuliner khas yang sudah menjadi tradisi dan disajikan kala berbuka puasa.

Negara di kawasan Asia pun memiliki varian menu yang beragam. Namun umumnya, masakan setiap negara Asia memiliki cita rasa rempah yang cukup kuat.  Negara mana saja yang terkenal dengan hidangan berbuka puasanya? Berikut ini ulasannya.

1. India

India memiliki populasi muslim sekitar 14 persen dari total jumlah penduduknya. Haleem menjadi hidangan khas yang biasa dinikmati masyarakat muslim di India. Hidangan ini merupakan bubur dengan potongan daging, gandum, kacang kacangan dan barley. Dagingnya sendiri ada yang menggunakan daging domba, sapi atau ayam. Haleem biasa dihidangkan dengan taburan daun minth, daun ketumbar, irisan jahe dan cabe hijau tipis tipis, jeruk nipis. Masakan ini bisa disantap langsung atau disajikan bersama dengan nasi dan roti Naan.

2. Maldives

Negara yang terkenal dengan keindahan pantai dan pemandangan bawah lautnya ini, juga memiliki menu favorit untuk berbuka puasa. Kurma  menjadi menu favorit tersebut. Namun, kurma di Maldives tidak dimakan begitu saja, melainkan diolah dengan cara diblender hingga menjadi jus yang sangat menyegarkan. Jus kurma menjadi hidangan yang paling dicari umat muslim di sana ketika berbuka puasa. Masjid di Maldives juga banyak yang menyajikan kurma sebagai hidangan pembuka puasa.

3. Pakistan

Negara yang terletak di Asia Selatan ini juga memiliki hidangan yang tak kalah unik. Rooh Afza merupakan takjil populer di salah satu negara dengan populasi muslim terbesar di dunia ini. Rooh Afza merupakan minuman seperti sirup yang berasal dari bunga mawar. Minuman ini menjadi sajian pengiring sebelum menyantap makanan berat. Popularitas Rooh Afza mencuat di Asia Selatan, setelah dipercaya mampu menjadi minuman yang menyegarkan.

4. Iran

Di negara ini ada dua makanan yang begitu populer dijadikan takjil puasa, yakni Zolbia dan Bamieh atau yang kerap disebut donat Persia. Zolbia adalah makanan yang dibuat dari gorengan tepung dan yogurt. Sementara itu Bamieh merupakan adonan dalam bentuk oval yang digoreng. Gorengan manis dan renyah ini biasanya disajikan dengan secangkir teh untuk buka puasa.

5. Malaysia

Adalah bubur. Sekilas bubur ini tampak mirip dengan bubur ayam. Namun, bedanya hidangan ini memiliki rasa serta aroma yang begitu kuat dengan rempah-rempah yang dipadukan dengan isian daging cincang. Kandungan rempah yang digunakan pun beragam seperti sereh, cengkeh, kapulaga hingga bunga lawang yang mengeluarkan aroma khas menyegarkan.

Editor: Ekarina
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait