Hotel Sofyan, Pionir Hotel Syariah di Indonesia

Image title
10 Mei 2021, 19:29
TINGKAT HUNIAN HOTEL MENURUN
ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/Lmo/hp.

Wisata halal semakin populer di Tanah Air. Ekosistem wisata halal sejatinya sudah terbangun sejak lama, salah satunya lewat berdirinya hotel syariah pertama di Indonesia pada era 1990-an.

Hotel Sofyan Betawi merupakan salah satu pionir hotel syariah pertama di Indonesia.  Pada awal berdiri tahun 1971,  hotel ini masih konvensional atau beroperasi sama seperti hotel lain. Tapi seiring berjalan waktu, manajemen mulai bertransformasi.

Sofyan Ponda, pendiri jaringan hotel Sofyan bersama puteranya, Riyanto Sofyan berhasil mengembangan bisnis perhotelan di era 1980-an. Hotel Sofyan bahkan tercatat sebagai perusahaan hotel pertama yang go-public atau melantai di bursa saham pada 1989.

Seiring berkembangnya bisnis, muncul gagasan dari Riyanto Sofyan mengubah haluan bisnis dari hotel Sofyan dari konvensial menjadi hotel syariah. Ide ini tentu menabrak arus mainstream pada masa itu.

Namun Riyanto Sofyan melihat  celah yang tak disadari pengusaha lain. Selain mencari keberkahan usaha, mengubah konsep ke hotel halal rupanya membuka pasar baru yang potensial.

Setahun kemudian, Sofyan Hotel mulai mengadopsi prinsip syariah. Periode transisi berjalan dari tahun 1993 hingga 2003. Sepuluh tahun menyiapkan hotel halal, Sofyan Hotel menerapkan kebijakan dan budaya Islami pada ekosistem hotelnya. Para pekerja juga dilatih menerapkan pelayanan yang ramah cara berpakaian yang menerapkan nilai syariah, salah satunya tidak menyediakan layanan minuman berakohol.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...