Hotel Sofyan, Pionir Hotel Syariah di Indonesia

Periode transisi dari hotel konvensional ke syariah berjalan dari 1993 hingga 2003.
Image title
10 Mei 2021, 19:29
TINGKAT HUNIAN HOTEL MENURUN
ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/Lmo/hp.

Wisata halal semakin populer di Tanah Air. Ekosistem wisata halal sejatinya sudah terbangun sejak lama, salah satunya lewat berdirinya hotel syariah pertama di Indonesia pada era 1990-an.

Hotel Sofyan Betawi merupakan salah satu pionir hotel syariah pertama di Indonesia.  Pada awal berdiri tahun 1971,  hotel ini masih konvensional atau beroperasi sama seperti hotel lain. Tapi seiring berjalan waktu, manajemen mulai bertransformasi.

Sofyan Ponda, pendiri jaringan hotel Sofyan bersama puteranya, Riyanto Sofyan berhasil mengembangan bisnis perhotelan di era 1980-an. Hotel Sofyan bahkan tercatat sebagai perusahaan hotel pertama yang go-public atau melantai di bursa saham pada 1989.

Seiring berkembangnya bisnis, muncul gagasan dari Riyanto Sofyan mengubah haluan bisnis dari hotel Sofyan dari konvensial menjadi hotel syariah. Ide ini tentu menabrak arus mainstream pada masa itu.

Namun Riyanto Sofyan melihat  celah yang tak disadari pengusaha lain. Selain mencari keberkahan usaha, mengubah konsep ke hotel halal rupanya membuka pasar baru yang potensial.

Setahun kemudian, Sofyan Hotel mulai mengadopsi prinsip syariah. Periode transisi berjalan dari tahun 1993 hingga 2003. Sepuluh tahun menyiapkan hotel halal, Sofyan Hotel menerapkan kebijakan dan budaya Islami pada ekosistem hotelnya. Para pekerja juga dilatih menerapkan pelayanan yang ramah cara berpakaian yang menerapkan nilai syariah, salah satunya tidak menyediakan layanan minuman berakohol.

Selama periode transisi, beberapa langkah diambil untuk menegaskan Sofyan Hotel sebagai hotel halal. Beberapa klub malam dan diskotik yang semula berada di sejumlah jaringan Sofyan Hotel ditutup pada 1998. Namun, alih-alih sepi dan kehilangan pelanggan, pendapatan persusahaan justru meningkat  hingga belasan persen.

Demikian pula pada era 2000-an ketika Sofyan Hotel berhenti menjual minuman beralkohol dan menerapkan kebijakan memilah tamu sesuai dengan ketentuan syariah justru berdampak pada meningkatnya sales dan okupansi hotel.

Keseriusan Sofyan Hotel untuk menjalankan prinsip syariah mencapai puncaknya pada 2003. Tepatnya pada 26 Juli 2003, Sofyan Hotel menjadi lembaga bisnis syariah pertama di Indonesia yang tersertifikasi oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI. Seluruh pelayanan dan produk yang dihadirkan oleh Sofyan Hotel harus merujuk pada Sistem Jaminan Halal.

“Paradigma bagaimana cara mendapatkan keuntungan yang bersih dan halal harus dapat diterapkan oleh pebisnis, seperti menolak dengan halus untuk tamu-tamu yang akan berbuat tidak sepatutnya, atau hal-hal kecurangan yang berisiko menghasilkan rezeki yang tidak halal,” ujar Riyanto Sofyan dikutip dari MuslimahDaily.com.

Menurutnya, hotel syariah pasarnya cukup luas, bukan saja untuk kalangan muslim namun juga non muslim. Dengan komitmennya terseburt, Hotel Sofyan mendapat mengakuan Internasional dan diganjar  penghargaan hotel halal terbaik tingkat dunia dalam kategori World’s Best Family Hotel pada ajang The World Halal Travel Award 2015.

Editor: Ekarina
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait