Program Sekolah Penggerak Tingkatkan Digitalisasi Sekolah

Image title
Oleh Ekarina - Tim Publikasi Katadata
21 September 2021, 14:30
Program Sekolah Pengerak Tingkatkan Digitalisasi Sekolah
Siaran Pers Kemendikbudristek
Dua orang siswa sedang mengoperasikan perangkat laptop pada proses belajar. Pemerintah tengah menggencarkan program digitalisasi sekolah yang diharapkan ke depan akan menjadi infrastruktur dasar dalam proses pembelajaran.

Digitalisasi terus berkembang hampir di seluruh bidang, termasuk dunia pendidikan. Pemerintah berupaya mempercepat digitalisasi di dunia pendidikan sehingga proses belajar mengajar bisa lebih dinamis serta efisien yang diikuti dengan pengembangan program lain.

Salah satu langkah yang diterapkan untuk mendorong kualitas pendidikan dan kapasitas SDM, adalah melalui program sekolah penggerak (PSP). Sekolah Penggerak adalah katalis untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila.

Program ini akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah bergerak 1-2 tingkat lebih maju. Ada lima langkah intervensi holistik yang diterapkan pada Program Sekolah Penggerak.

Kelima intervensi tersebut adalah pendampingan yang konsultatif dan asimetris, penguatan SDM sekolah, pembelajaran dengan paradigma baru, perencanaan dengan berbasis data dan digitalisasi sekolah.

Intervensi digitalisasi sekolah merupakan penggunaan berbagai platform digital yang mengurangi kompleksitas, meningkatkan efisiensi, menambah inspirasi, dan pendekatan yang disesuaikan.

Platform yang digunakan yang di antaranya, platform profil dan pengembangan guru sebagai alat bantu guru dalam meningkatkan kompetensi melalui pembelajaran berbasis microlearning dan habituasi. Kemudian, platform pembelajaran yang juga diperuntukan sebagai alat bantu dalam menjalankan pemberlajaran dengan diferensiasi dan paradigma baru.

Selanjutnya ada platform sumber daya sekolah, untuk menigkatkan fleksibilitas, trasparansi dan akuntabilitas manajemen sumber daya sekolah. Terakhir, dashboard raport pendidikan yang akan memotret kondisi mutu pendidikan secara akurat dan otomatis, dirujuk untuk evaluasi dan perencanaan.

Masyarakat bisa mengetahui informasi lengkap mengenai digitalisasi sekolah dan program sekolah penggerak dengan mengakses link https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak/faq/.

Pandemi juga telah mempercepat adaptasi teknologi digital karena sebagian besar pembelajaran dilakukan secara jarak jauh, sehingga guru serta murid terdorong untuk menggunakan perangkat teknologi pada proses belajar mengajar.

Dengan kondisi ini, diharapkan digitalisasi sekolah dapat segera terwujud sehingga mempermudah akses pada materi belajar yang lebih variatif yang bisa membuat pembelajaran lebih menarik dan lebih dinamis.

“Kita harus bisa mengubah tantangan ini menjadi kesempatan, murid dan guru bisa belajar dari sumber manapun. Digitalisasi sekolah menjadi salah satu program terpenting baik penyediaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), maupun pembuatan platform digital gratis untuk guru dan siswa,” ujar Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim dikutip dari laman Kemdikbud.go.id, Senin (20/9).

Dalam jangka pendek, Kemendikbudristek menargetkan dapat mengubah sekolah-sekolah menjadi lebih gesit dalam merespons perubahan yang diakselerasi pandemi. “Pekerjaan rumah besar kita adalah menciptakan suatu proses pembelajaran yang inovatif,” kata Menteri Nadiem.

Sementara itu, Direktur Sekolah Menengah Pertama Kemendikbudristek, Mulyatsyah juga mengungkapkan, dinamika dunia pendidikan menuntut kemampuan digitalisasi sekolah diperkuat. Salah satu usaha yang dilakukan oleh Direktorat SMP untuk mencapai digitalisasi sekolah adalah dengan memberikan bantuan peralatan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...