Peringati Hari Ikan Nasional, Anak Usaha Japfa Lakukan Konservasi Air

Image title
Oleh Ekarina
26 November 2021, 19:59
JAPFA
Katadata

Memperingati Hari Ikan Nasional pada 21 November, anak usaha PT Japfa Comfeed, PT Suri Tani Pemuka (STP) melakukan kegiatan penanaman pohon dan peresmian pembangunan kolam bioflok. Langkah ini dilakukan sebagai upaya konservasi sumber daya air di sekitar wilayah operasional perusahaan di Desa Cipancur dan Desa Cibatu, Purwakarta, Jawa Barat.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang budidaya perairan dan berkaitan erat dengan sumber daya air, kegiatan konservasi air ini dipilih sebagai bagian dari tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat, lingkungan dan alam. Hal tersebut juga bertujuan untuk menjaga ketersediaan air terutama di sekitar wilayah operasional.

Advertisement

“Konservasi air ini dilakukan sejalan dengan visi STP untuk menjadi total solution company, serta mencerminkan nilai STP, yakni penuh tujuan (purposeful) dan bertanggung jawab (responsible),” kata Head of HRGA Aquaculture Division JAPFA Group, Budhi Rahyono dikutip keterangan tertulis, Jumat (26/11).

Dengan begitu, upaya tersebut diharapkan dapat memberi nilai tambah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar dengan mengedepankan operasional yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Berdasarkan data pemerintah Kabupaten Purwakarta, pada 2020 sejumlah desa di wilayah tersebut masih mengalami krisis air bersih. Oleh karena itu, penanaman bibit pohon dilakukan karena dinilai berperan besar dalam menyimpan cadangan air di dalam tanah.

Sebanyak 2.000 bibit pohon akasia kormis akan ditanam di wilayah desa Cipancur secara bertahap. Adapun pada kegiatan kemarin, sebanyak 200 bibit pohon sudah ditanam bersama oleh Manajemen STP dan unit JAPFA, Muspika, dan Muspida setempat.

Kegiatan penanaman pohon dan peresmian kolam bioflok ini dihadiri oleh Drs. H. Saepuddin M.Si, Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta yang mewakili Bupati Purwakarta, Letkol Arm. Krisrantau Hermawan, Dandim 0619 Purwakarta, Drs. R Deden Guntari.

Kemudian hadir pula Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta, Budhi Supriyadi, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, H. Ahmad Sanusi, SM, Ketua DPRD Kabupaten Purwakarta dan AKBP Suhardi Hery Haryanto, Kapolres Purwakarta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement