Strategi Online Jitu, Nike Raih Lonjakan Penjualan selama Pandemi

Image title
Oleh Ekarina
24 September 2020, 14:20
Nike, Brand Merek, Pandemi Corona, Covid-19, Bisnis, Digital, Online, Pasar.
Nike.com
Ilustrasi sepatu Nike.Inc. Nike mencatat kenaikan penjualan online sebsar 82% pada kuartal I tahun fiskal 2020.

Brand sepatu dan pakaian olahraga asal Amerika Serikat (AS) Nike Inc. mencatat kenaikan pendapatan signifikan sepanjang kuartal I 2020. Melesatnya penjualan online Nike hingga 82% menolong bisnis perusahaan di masa pandemi corona.

Dikutip dari CNBC, Nike berhasil membuktikan pertaruhannya di segmen digital. Konsumen beralih ke situs web dan aplikasi untuk berbelanja sepatu kets dan pakaian olahraga selama pandemi Covid-19. 

Advertisement

Beberapa tahun terakhir, perusahaan telah menarik diri dari department store dan gerai grosir lain dengan berinvestasi pada toko yang lebih kecil, yakni Nike Live.

Analis Susquehanna Sam Poser mengatakan keputusan Nike untuk berkembang menjadi organisasi yang fokus pada platform digital merupakan langkah tepat. Krisis akibat pandemi mendorong konsumen menggunakan saluran digital.

“Nike telah merangkul perubahan struktural dari kebiasaan berbelanja konsumen dari fisik tradisional ke digital. Dalam pandangan kami, mereka akan terus memanfaatkan pergeseran ini, ” ujarnya dikutip dari CNBC, Kamis (24/9). 

Usai pengumumkan kinerja penjualannya, saham Nike naik 9% pada Rabu (23/9), mencapai level tertinggi US$ 130,38.

Chief Financial Officer (CFO) Matt Friend mengatakan Nike  memperoleh margin kotor 10 basis poin lebih tinggi dari pendapatan digital dibandingkan pendapatan grosir. Perusahaan juga menemukan pelanggan loyal lewat situs belanja.

Hal ini memungkinkan Nike menurunkan biaya akuisisi pelanggan dan meningkatkan laba dari belanja iklan.“Meskipun kami perlu melanjutkan investasi untuk memperluas kapasitas  digital, kami dapat meningkatkan efisiensi operasional melalui alat pemodelan prediktif, personalisasi anggota yang digerakkan oleh data, dan inventaris,” katanya.

Akselerasi Digital

Sebelum adanya Covid-19, Nike menargetkan kontribusi penjualan e-commere bisa mencapai 30% terhadap total pendapatan pada 2023. Tapi dengan capaian kemarin, perusahaan optimistis bisa lebih tinggi dri target tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement