Pasar Sepeda Motor Lesu, Honda Bersiasat dengan Bedah Virtual

Image title
Oleh Ekarina
8 Oktober 2020, 08:00
Honda, Astra, Pasar, Otomotif, Sepeda Motor, Pandemi Corona, Covid-19, Pemasaran, Promosi.
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Produk terbaru All New Honda Beat series di Jakarta, Kamis (16/1/2020). AHM ekspansi ke jaringan pemasaran digital selama pandemi corona.

Pasar sepeda motor tak bertenaga selama pandemi corona. PT Astra Honda Motor (AHM) meningkatkan pemasaran digital di antaranya dengan membuat agenda bedah teknologi virtual.

General Manager Corporate Communication Astra Honda Motor, Ahmad Muhibbuddin mengatakan, sama seperti industri lain, bisnis sepeda motor perusahaan juga ikut terkoreksi karena permintaan pasar melemah selama pandemi.

Advertisement

Dengan perubahan kebiasaan konsumen saat ini, AHM akhirnya mengdopsi berbagai metode untuk berkomunikasi dan memasarkan produk ke konsumen. Selain melalui showroom,  perusahaan mendekatkan pemasaran produknya melalui media digital hingga media sosial.

Menurutnya, digitalisasi akan membantu pencarian informasi produk dan kegiatan, juga mempersingkat proses pembelian. 

"Kombinasi  komunikasi dengan interaksi digital dan non-digital ini yang kami harapkan membantu konsumen memutuskan membeli jenis sepeda motor pilihannya," kata dia kepada katadata.co.id. 

Sementara itu, terbatasnya aktivitas promosi selama pandemi, seperti yang kerap dilakukan melalui pembagian brosur di jalan atau menggelar panggung mini di lokasi dealer cabang digantikan dengan kegiatan virtual.

"Ini untuk tetap menjaga engagement kami dengan konsumen. AHM juga berkomunikasi intens langsung dengan konsumen melalui platform digital baik melalui voice maupun video call," katanya.

Perusahaan juga mengadakan forum diskusi maupun bedah teknologi secara virtual, serta aktivitas kebersamaan di media sosial. 

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, hingga Oktober AHM  sudah meluncurkan 15 model baru, dengan produk terakhir yakni Honda CBR250RR. 

Berbeda dengan Honda, PT Piaggio Indonesia, produsen skuter merek Vespa dan Piaggio ekspansi ke Jawa Tengah dengan membuka dealer baru di Kabupaten Kudus, Jateng. Startegi ini berguna untuk mendekatkan layanannya kepada konsumen, juga agar brand Vespa dan Piagio semakin dikenal luas di daerah. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement