Pizza Hut Akan Jualan dengan Food Truck, Apakah akan Pengaruhi Merek?

Image title
Oleh Ekarina
19 Oktober 2020, 19:00
Pizza Hut, Food Truck, Pemasaran, Investasi, Pandemi Corona, Restoran, Bisnis, Brand Marketing .
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi Pizza Hut di kawasan Bekasi, Jawa Barat (4/4). Pizza Hut akan mengubah konsep pemasaran ke Food Truck di Bandung untuk mengoptimalkan penjualan.

PT Sarimelati Kencana Tbk (PZZA), waralaba restoran Pizza Hut mengubah strategi pemasaran makanan dari konsep gerai menjadi keliling menggunakan kendaraan makanan (food truck). Pengembangan layanan ini bertujuan untuk memaksimalkan pendapatan di masa pandemi.

Dalam keterangannya kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), perseroan akan mengubah kegiatan usaha Pizza Hut ini dimulai dari Bandung dan sekitarnya dengan investasi sekitar Rp 750 juta. Adapun sumber pendanaan tersebut akan dipenuhi dari internal.

Advertisement

Perusahaan memutuskan memutar bisnis atau pivot karena biaya atau modal usaha  yang diperlukan masih terjangkau. Apalagi ada keleluasaan berpindah tempat usaha dan menjangkau pelanggan.

Pengajar dan Pengamat Pemasaran Universitas Prasetiya Mulya, Istijanto Oei mengatakan, hampir semua bidang terdampak dan banyak perusahaan mengubah strategi bisnisnya hanya untuk bisa bertahan. Perusahaan berupaya merespons perubahan perilaku konsumen dengan mengerahkan segala strategi yang memungkinkan.

"Dalam memilih strategi ini diperlukan kecermatan. Khususnya terkait pengalaman dengan merek (brand experience) yang bisa berdampak pada image merek (brand image) yang sudah terbangun selama ini," katanya. 

Sebagai contoh di industri makanan yang selama ini mengedepankan kenyamanan bersantap, upaya turun ke jalan akan mengubah brand experience. Namun, strategi yang lebih diutamakan adalah upaya meyakinkan pelanggan dengan meminimalkan penyebaran Covid-19. Misalnya, restoran yang selama ini didesain dalam ruangan tertutup, diupayakan dengan sirkulasi udara lebih terbuka.

Sebagai contoh di industri makanan yang selama ini mengedepankan kenyamanan bersantap, upaya turun ke jalan akan mengubah brand experience. Namun, strategi yang lebih diutamakan adalah upaya meyakinkan pelanggan dengan meminimalkan penyebaran Covid-19. Misal restoran yang selama ini didesain dalam ruangan tertutup, diupayakan dengan sirkulasi udara lebih terbuka.

Terkait strategi barunya, Pizza Hut menekankan bakal tetap menjaga standar keamanan makanan (food safety standard), termasuk aspek kebersihan dan aspek higienis dari produk Pizza yang dipasarkan.

Pengembangan usaha ini diharapkan dapat menunjang daya saing  serta menjangkau konsumen yang lebih luas di berbagai titik kota Bandung dan sekitarnya.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, Sarimelati Kencana akan meminta persetujuan pemegang saham."Perseroan akan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 19 November 2020, " kata Sekertaris Perusahaan, Kurniadi Sulistyomo dikutip Senin (19/10).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement