Bermula dari Instagram, Jualan Tanaman Hias Tembus ke Amerika

Image title
Oleh Ekarina
24 Oktober 2020, 11:30
UMKM, Tanaman Hias, Pemasaran, Ekspor, Brand, Covid-19, Kementerian Pertanian.
titikhijau / Instagram
Ilustrasi tanaman hias monstera atau janda bolong yang booming selama pandemi.

Tren berkebun di Indonesia membawa berkah bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) tanaman hias, Titikhijau. Berawal dari pemasaran lewat media sosial Instagram, bisnis perusahaan semakin berkembang hingga menembus pasar ekspor mulai dari Korea Selatan, Eropa hingga Amerika Serikat.

Pendiri sekaligus pemilik Titikhijau, Rico Rusdiansyah menuturkan, ia memulai usaha di bisnis jual beli tanaman online sejak 2017. Sama seperti pelapak tanaman di pinggir jalan, Rico awalnya menjual jenis tanaman umum.

Advertisement

Hanya saja, produknya itu dia dipasarkan melalui media sosial Instagram yang saat itu dinilai efektif mendatangkan pembeli. "Kami mulai dari follower sedikit, sampai saat ini suda mencapai 20 ribu pengikut," kata Rico dalam webinar Festival Ide Bisnis yang diadakan detikcom, beberapa hari lalu.

Adapun jenis tanaman yang dijualnya beragam dengan target pasar mulai dari midle to low dengan harga jual produk puluhan ribu. Kemudian midle dengan harga mulaiRp 5 juta hingga high khusus untuk beberapa jenis tanaman bagi kolektor bisnis.

Tanaman hias yang paling diminati saat ini antara lain yang berasal dari jenis Araceae. Tanaman ini memilki beberapa turunan seperti monstera atau yang dikenal dengan nama janda bolong. Beberapa varietas lain pun banyak peminat seperti Alocasia, Anthurium, hingga Philodendron.

Untuk memikat pembeli, beberapa tanaman dihias dengan kemasan pot-pot cantik agar bisa menghasilkan harga jual lebih tinggi.

Seiring berjalannya waktu, bisnis tanaman hias ini berkembang hingga menuai permintaan dari luar negeri. Namun, untuk memenuhi permintaan pihaknya menghadapi kendala ekspor seperti keterbatasan izin dan volume pengiriman jika menggunakan izin pribadi.

Pada 2018 ia dan rekannya mendirikan PT Alchemie Berkah bersama sebagai perusahaan legal pengekspor tanaman dan menggunakan Titik Hijau sebagai merek dagang.

Rico mengatakan, pasar ekspor tanaman sangat menjanjikan dengan margin keutungan berkali lipat lebih besar dibandingkan menjual produk di dalam negeri. Banyak konsumen di luar negeri yang bersedia membeli dengan harga tinggi untuk jenis tanaman yang diminati. Bisnisnya juga diuntungkan dengan keragaman jenis tanaman Indonesia yang tak ditemukan di luar negeri.

Gurihnya pasar ekspor tanaman pun tak lepas dari risiko, seperti kerusakan pada saat pengiriman atau proses karantina. Tak jarang, ia pun harus memberikan kompensasi kepada pelanggannya berupa pengembalian dana yang sudah dibayar (refund) atau mengganti dengan tanaman baru (replace).

Tapi, upaya ini justru menambah kepercayaan konsumen sehingga mau kembali membeli atau membayar langsung ke rekening bank Rico di Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement