Belajar Strategi Coca-Cola, Merek Lawas yang Populer di Era Digital

Image title
Oleh Ekarina
13 November 2020, 14:22
Merek, Perusahaan, Bisnis, Digital, Apple, Teknologi.
website coca cola
Ilustrasi, logo Coca Cola. Coca Cola mendanai startup Kargo Technologies. Kargo dipilih karena telah mendukung logistik perusahaan minuman tersebut.

Perubahan kebiasaan masyarakat di era digital, membuat pamor merek tradisional memudar. Agar sebuah merek dapat tetap diingat meskipun bisnis, teknologi, dan perilaku konsumen berubah drastis, perusahaan pemilik merek harus mampu beradaptasi. 

Popularitas merek kerap naik dan turun seiring masanya. Namun demikian, ada pula merek tradisional yang mampu bertahan menyesuaikan gaya hidup masyarakat saat ini seperti Coca-Cola. Merek minuman yang didirikan sejak 1892 ini menjadi salah satu merek paling berharga dunia senilai US$ 64,4 miliar atau sekitar Rp 909 triliun. 

Untuk menciptakan ketahanan merek, profesor Harvard Business School, David Collins mengatakan ada empat kerangka kerja yang bisa diterapkan. Ia menyebut model ini dengan MACE atau kepanjangan dari mastery, accessibility, candence dan ensnarement. 

Mastery atau penguasaan, diartikan sebagai pemberian hadiah kepada konsumen yang terlibat dengan konten karena menggunakan produk. Hal ini akan menciptakan efek keteratikan atau afinitas terhadap merek produk. 

Poin kedua yakni accessibility (aksesibilitas). Produsen harus menjadikan merek-merek produknya mudah ditemui dan tersedia sebanyak mungkin bagi konsumen. Maksimalkan distribusi produk atau layanan perusahaan di seluruh saluran.

Berikutnya, selalu mendesain dan memasarkan produk untuk pengguna pertama. Strategi tersebut memungkinkan produk tetap digunakan oleh pengguna maupun generasi baru.

Tips ketiga adalah candence atau berirama. Perusahaan pemilik merek harus terus aktif membuat berita dan konten informasi seputar mereknya. Caranya, bisa dengan sering merilis produk baru atau setidaknya pembaruan produk. 

Cara kedua, dengan maksimalkan aset promosi, seperti video pemasaran untuk mengkomunikasikan segalanya tentang perusahaan. 

Ke empat yakni ensnarement atau keterikatan. Menjadikan merek selekat mungkin dengan membangun peralihan biaya dengan menciptakan efek jaringan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...