Bidik Kelas Elite, Informa Bangun Galeri Khusus Furnitur Mewah

Informa merupakan salah satu unit bisnis di bawah payung Kawan Lama Group.
Image title
Oleh Ekarina
17 Desember 2020, 13:42
Informa, Retail, Kawan Lama, Bisnis, gaya Hidup.
Informa.co.id
Ilustrasi produk furnitur dan perabot rumah tangga. Informa merambah bisnis gerai furnitur premium di Alam Sutera, Tangerang.

PT Home Center Indonesia, pemilik jaringan retail furnitur dan perabotan rumah tangga Informa, merambah segmen premium melalui konsep gerai Home Galleria. Gerai ini dibangun secara khusus menampilkan perabotan yang mewah dan artistik.

Managing Director, Home Center Indonesia Meutia Kumala mengatakan perubahan perilaku pelanggan dan perkembangan teknologi beberapa tahun terakhir membuat industri retail bergerak dinamis. Perubahan tersebut membuat perusahaan melakukan sejumlah inovasi dan penyesuaian untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

"Tidak hanya melalui produk, namun juga dengan layanan dan customer experience yang didukung dengan pemanfaatan teknologi, sehingga berbelanja di Informa kini lebih lifestyle, modern dan nyaman,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (17/12).

Salah satunya denggan membuka Home Galleria di Living World Alam Sutera, Tangerang, untuk memenuhi pengalaman belanja furnitur yang lebih mewah dan prestisius.

Pelanggan akan menemukan produk dekorasi dana furnitur bergaya mewah dengan kualitas produk premium, baik untuk kebutuhan ruang tamu hingga kamar mandi.

“Home Galleria didirikan atas dasar passion untuk art & beauty dengan tren luxury living lifestyle. Kami percaya bahwa memilih furnitur tidak hanya sekedar membeli produk, namun telah menjadi gaya hidup," ujarnya.

Sedangkan untuk tampilan lebih modern, Informa juga melengkapi staf penjualan dengan tablet untuk pengecekan stok produk secara langsung. 

Perusahaan juga mulai menerapkan layanan mobile cashier yang memungkinkan pelanggan melakukan pembayaran dengan mobile machine EDC. Hal ini bisa mempercepat transaksi konsumen tanpa perlu mengantre di meja kasir.  

Informa merupakan salah satu unit bisnis di bawah payung Kawan Lama Group.  Perusahaan hingga saat ini telah mengoperasikan 100 gerai yang tersebar di 45 kota di seluruh Indonesia.

Peretail produk rumah tangga dan gaya hidup lainnya, yakni IKEA juga terus berekspansi. Untuk memperluas jangkauan pelanggan di berbagai kota, IKEA membuka pick-up point di Jakarta Garden City.

Fasilitas ini memungkinkan pengguna mendapat produk IKEA di lokasi terdekat setelah berbelanja online di IKEA.co.id atau melalui IKEA App. “Terjadi peningkatan permintaan produk dalam beberapa waktu terakhir. Salah satu cara untuk memenuhi permintaan tersebut adalah dengan meningkatkan keberadaan kami melalui pick-up point,” kata Public Relations IKEA Indonesia, Ririn Basuki.

Selain di Jakarta Garden City, pick-up point IKEA juga tersedia di kota-kota besar Indonesia seperti di Bekasi, Bandung dan Surabaya. Hingga kini, IKEA baru mengoperasikan dua gerai  yakni di kawasan Alam Sutera, Tangerang yang buka pada 2014 dan IKEA Sentul City, Bogor yang buka pada 28 November 2019.

Adapun gerai IKEA ketiga berada di Bandung ditargetkan buka buka pada kuartal II 2021. Dalam mengoperasikan bisnisnya di Indonesia, IKEA berada di bawah manajemen PT Hero Supermarket Indonesia Tbk.

Menurut data Statista,  pasar furnitur mewah di seluruh dunia senilai US$ 23 miliar (sekitar Rp 325 triliun) pada 2017 dan diperkirakan naik menjadi US$ 30,3 miliar (sekitar Rp 423 triliun) pada 2023.

Sedangkan nilai pasar furnitur secara keseluruhan di dunia, diperkirakan mencapai US$  509,8 miliar pada 2020, dan meningkat mencapai US$ 650,7 miliar pada 2027.

Editor: Ekarina
Video Pilihan

Artikel Terkait