Somethinc dan Wardah jadi Brand Kosmetik Paling Populer di TikTok

Image title
Oleh Ekarina
21 Desember 2020, 18:05
Brand, TikTok, Media Sosial, Brand Merek, BPS, Kosmetik, Pandemi Corona, TikTok
Instagram @wardahbeauty
Ilustrasi kosmetik Wardah. Somethic dan Wardah menempati dua teratas kosmetik lokal paling populer menurut riset iPrice.

Tren bisnis produk perawatan kulit dan tubuh terus berkembang. Meskipun minat pembelian make-up menurun selama pandemi corona, penggunaan produk perawatan tubuh masih stabil. Sejumlah brand kosmetik lokal masih tetap populer di media sosial.

Situs iPrice,  melakukan riset tentang pengaruh merek skincare di media sosial, berdasarkan total hastag views brand tersebut di platform Tiktok. Lalu, iPrice mengadaptasikan data brand skincare yang tersedia di platform Sociolla. Produk yang ditampilkan merupakan produk yang tersedia dan secara resmi dijual di Indonesia. 

Advertisement

Berdasarkan data iPrice, brand lokal Somethinc menduduki peringkat teratas dengan total hashtag views sebanyak 57.3 juta di Tiktok.

"Ini merupakan total views tertinggi yang dicatat brand skincare lokal, diikuti Wardah dengan total hastag views 17.1 juta. Kedua brand lokal ini sudah mengantongi sertifikasi halal," tulis iPrice dalam risetnya dikutip Senin, (21/12).

Di bawah Wardah, ada Avoskin dengan 15 juta view, diikuti oleh Emina dengan total 11 juta hashtag views. Untuk peringkat kelima diduduki oleh Lacoco dengan total hashtag view sebanyak 5 juta.

Penetrasi produk lokal dengan sertifikasi halal memiliki peranan penting di Indonesia sebagai negara dengan mayoritas muslim. Euromonitor menyebutkan,  brand lokal dengan logo halal memiliki kesempatan mengakuisisi konsumer lebih besar dibandingkan yang tidak memiliki logo.

Beralih ke ketegori skincare Korea Selatan, brand Some By Mi menduduki peringkat pertama dengan total hashtag view sebanyak 33 juta diikuti oleh brand Laneige dengan total hastag view sebanyak 24.5 juta.

Jika Some By Mi digolongkan sebagai produk terjangkau,Laneige tergolong sebagai brand skiencare premium. 

Pada kategori merek kosmetika barat,  produk The Ordinary menduduki peringkat pertama dengan total hashtag view sebanyak 611 juta diikuti oleh brand Garnier dengan total view hampir 121 juta. Diperingkat ketiga ada Cetaphil dengan total hastag viewers sebanyak 57 juta.

"Trend skincare dari produk yang lebih terjangkau mulai menjadi pilihan para penggemar dikarenakan para pengguna mulai semakin pintar dalam memilih bahan dan kandungan dalam produk," tulis iPrice. 

Somethinc, Some by Mi dan The Ordinary adalah tiga brand yang digolongkan sebagai produk drugstore (toko obat) dengan harga yang lebih ramah d i kantong. 

Meski demikian, produk skincare premium juga mulai diminati konsumen di Indonesia. Mayoritas pengguna segmen produk ini umumnya merupakan wanita karir atau konsumen yang  memiliki penghasilan mandiri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement