Perkuat Bisnis Kosmetik, L'oreal Akuisisi Brand Skincare Jepang

Image title
Oleh Ekarina
28 Desember 2020, 15:00
L'oreal, Akuisisi, Bisnis, Jepang, Kosmetik, Pasar, Industri, Brand Merek.
L'oreal paris/ Instagram
Brand Prancis, L'oreal baru saja mengakuisisi merek skincare Jepang, Takami Co.untuk memperkuat posisi perusahaan di industri kosmetik.

Brand kosmetik asal Prancis, L'oreal mengakuisisi brand skincare Jepang, Takami Co. L'Oréal juga memperbarui perjanjian lisensi merek jangka panjang dengan pemilik brand dan menandatangani kontrak kolaborasi klinik. 

Takami co sebelumnya dimiliki dokter Hiroshi Takami, pendiri dua klinik dermatologis eponim di Tokyo. 

Advertisement

Brand Takami didirikan 1999 sebagai salah satu merek perawatan kulit premium, klinik kecantikan dan dermatologi eponim terkenal di distrik Omotesando, Tokyo. Merek ini dikenal dengan produk ikoniknya, pre-serum Skin Peel berbotol biru. Produk ini tersedia di Jepang dan di beberapa negara Asia, khususnya Tiongkok.

Perusahaan mendistribusikan produk kosmetiknya melalui omnichannel, e-commerce  distribusi selektif dan berlangganan. Takami membukukan pendapatan 50 juta euro atau sekitar Rp 864 miliar pada 2019 dan melanjutkan pertumbuhan tahun ini meskipun bisnisnya ikut terdampak pandemi Covid-19.

President L’Oréal Luxe, Cyril Chapuy menyambut baik masuknya Takami ke dalam portofolio brand L'oreal. Produk Takami dinilai cocok dengan pasar Asia. Keahliannya dalam perawatan kecantikan bergengsi dan distribusi omni channel diharapkan dapat memperkuat lini bisnis L'Oréal Luxe. 

Eksekutif L'Oréal Jepang, Jérôme Bruhat menambahkan Takami dinilai mampu membangun reputasi yang kuat dalam keahlian perawatan kulit, identitas visual yang unik, dan kelompok pelanggan setia di Jepang. Hal tersebut merupakan salah satu pilar penting dalam pengembangan merek ke depan. 

President Takami Co, Yoji Okumura menyatakan keahlian estetika dan dermatologis klinik Takami, mampu memberikan kualitas dan khasiat yang dibutuhkan konsumen Jepang.

"Setelah 21 tahun berkembang kami senang dapat bergabung dengan L'Oréal Group, perusahaan kecantikan terkemuka dunia, yang akan memungkinkan kami mengembangkan merek dengan keahlian ilmiah dengan skala internasional," katanya dalam keterangan resmi perusahaan, Senin (28/12). 

Perusahaan tidak menjelaskan nilai akuisisi. Namun, akusisi tersebut menambah panjang daftar merek kecantikan di bawah payung perusahaan yang berdiri 100 tahun ini.

L'Oréal didirikan pada 1907 oleh Eugène Schueller dengan produk pertama pewarna rambut atau yang disebut Auréoleits. Semula, perusahaan terdaftar dengan nama Société Française de Teintures Inoffensives pour Cheveux yang berarti perusahaan pewarna rambut aman di Prancis.

Nama L'Oréal dibentuk pada 1925 ketika Schueller meluncurkan produk pencerah rambut berwarna keemasan yang disebut L'Oréal d'Or. Kemudian 14 tahun kemudian, perusahaan secara resmi mengubah namanya menjadi L'Oréal.

Selama bertahun-tahun, L'oreal telah banyak mengakuisisi global brand, anak usaha dari perusahaan kecantikan independen, fasilitas penelitian, hingga perusahaan barang konsumen. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement