Dukung Pengembangan Talenta Digital, Tokopedia Gelar Start Summit 2020

Untuk mewujudkan pertumbuhan talenta digital dibutuhkan kolaborasi strategis dengan berbagai pihak.
Dimas Jarot Bayu
22 Februari 2020, 17:35
Dukung Pengembangan Talenta Digital, Tokopedia Gelar Start Summit 2020.
Tokopedia
Co-Founder sekaligus CEO Tokopedia William Tanuwijaya. Tokopedia menggelar acara konferensi teknologi untuk mendukung pengembangan talenta digital di Indonesia.

Perusahaan startup e-commerce Tokopedia menggelar konferensi teknologi pertamanya bertajuk Tokopedia START Summit 2020. Acara yang mengusung tema ‘Transforming Indonesia Through Technology’ tersebut bertujuan mendukung pengembangan talenta digital di Indonesia.

“Kami ingin bangun ekosistem lebih banyak perusahaan teknologi yang ada di Indonesia,” kata CEO Tokopedia William Tanuwijaya di sela acara di Jakarta, Sabtu (22/2).

(Baca: Tunda IPO Hingga 2022, Ini Persiapan Tokopedia Sebelum Melantai)

Dalam acara tersebut, CEO Tokopedia pun berbagi pengalamannya dalam mengembangkan usaha rintisan sejak pertama kali perusahaan itu pertama kali didirikan pada 2009 hingga kini semakin berkembang  menjadi  marketplace dengan ekosistem berbagai layanan.

Advertisement

William berharap pengalaman yang dibagi tersebut dapat menjadi referensi bagi perusahaan lain, baik rintisan atau korporasi yang sedang melakukan transformasi digital untuk menyiapkan fondasi yang lebih baik.

Dengan demikian, berbagai perusahaan tersebut tak perlu mengalami kesalahan yang dialami Tokopedia ketika baru merintis usaha. “Kesalahan yang kami lakukan tidak perlu kalian lakukan,” kata William.

Dalam konferensi ini menghadirkan beragam topik di bidang teknologi informasi, seperti Tokopedia Technology Evolution, Future Technology Forecast, Core Engineering, Infrastructure and Productivity, dan Data.

Selain itu, para peserta konferensi dapat berdiskusi dengan pelaku industri, komunitas dan tim engineering Tokopedia.

(Baca: Wabah Virus Corona Tak Lambungkan Harga Barang di Tokopedia)

Senior Vice President of Engineering Tokopedia Herman Widjaja mengatakan, upaya ini diharapkan dapat mendorong kolaborasi dalam pengembangan industri teknologi di Indonesia. “Tokopedia percaya, untuk mewujudkan pertumbuhan talenta digital dibutuhkan kolaborasi strategis dengan berbagai pihak, seperti pelaku bisnis, pemerintah, institusi pendidikan dan komunitas,” kata Herman.

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro pun mendukung upaya Tokopedia dalam mendorong inovasi dan inisiasi memajukan talenta digital Indonesia. Menurut Bambang, hal itu sejalan dengan upaya pemerintah memenuhi kebutuhan industri 4.0 di Indonesia.

“Semoga kegiatan ini dapat semakin menumbuhkan semangat bagi seluruh pihak untuk sama-sama membangun talenta digital Indonesia dan membentuk ekosistem industri teknologi yang lebih signifikan,” kata Bambang.

 

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait