Harbolnas 2019, Blibli.com Cetak Kenaikan Transaksi 1,7 Kali Lipat

Blibli.com mencatat, penjulan kategori produk kebutuhan sehari-hari memiliki pertumbuhan tertinggi pada harbolnas tahun ini.
Image title
16 Desember 2019, 15:46
Harbolnas 2019, Blibli.com Cetak Kenaikan Transaksi 1,7 Kali Lipat
ANTARA FOTO/Audy Alwi
Senior Vice President of Marketing Blibli.com I Gusti Ayu Fadjar (kedua kanan) dan Senior Vice President of Trade Partnership Lay Ridwan Gautama (kanan), secara simbolis menyerahkan kunci kepada pelanggan Blibli.com, di Jakarta, Selasa (28/11).

Perusahaan e-commerce Blibli.com mencatat lonjakan transaksi sepanjang hari belanja online nasional (harbolnas) 12.12 tahun ini. Dibanding tahun lalu, transaksi (gross merchandise value/GMV) harbolnas Blibli.com pada tahun ini tumbuh 1,7 kali lipat.

Namun demikian, perusahaan enggan merinci nilai transaksi yang dibukukan sepajang pesta diskon kemarin. 

Blibli.com mencatat, penjulan kategori produk kebutuhan sehari-hari memiliki pertumbuhan tertinggi pada harbolnas tahun ini yakni sekitar 2,5 kali lipat. Beberapa produk kebutuhan pokok yang paling laku di antaranya adalah produk makanan, kebutuhan ibu dan anak seperti susu, produk perawatan mandi, dan juga perlengkapan bayi.

Dalam pesta diskon 12.12 tahun ini, Blibli.com mengusung program Histeria Syok!. Pengguna bisa memanfaatkan beragam penawaran diskon dari Blibli.com serta program tebus murah dengan cara gamification.

Advertisement

Blibli.com juga menyediakan kategori Galeri Indonesia berisi produk UMKM Indonesia. "Kategori Galeri Indonesia merupakan kategori khusus yang ada di Blibli.com untuk mendukung pertumbuhan produk UMKM serta wirausaha kreatif lokal," ujar Project Lead Blibli.com Histeria Syok! 2019 Geoffrey L. Dermawan dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (14/16).

(Baca: Tips Mengelola Kembali Keuangan usai Tabungan Menipis akibat Harbolnas)

Produk UMKM yang tersedia di kategori Galeri Indonesia paling banyak diburu pelanggan yaitu produk dekorasi rumah. Hal ini berbeda dengan tahun lalu, yang mana produk UMKM yang laris diburu saat itu yaitu produk-produk fashion. Secara keseluruhan, produk UMKM yang terjual tercatat mengalami kenaikan sebesar 300% dibandingkan tahun lalu.

Blibli.com juga mencatat, produk pertama yang terjual dan tercepat pada harbolnas 2019 adalah smartphone. Produk termahal yang berhasil terjual tahun ini yaitu sebuah mobil luxury MPV. Sedangkan pengiriman tercepat, yaitu produk console gim yang berhasil dikirimkan dalam waktu 20 menit sejak dipesan oleh pelanggan.

Dalam menunjang logistik pengiriman saat harbolnas, Blibli.com memiliki armada Blibli Express Service (BES) dan 15 mitra logistik. Blibli.com juga memiliki 20 gudang barang dan 32 hub yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. 

(Baca: Shopee Catatkan Transaksi Rp 1,3 Triliun dalam Sehari Harbolnas)

Perusahaan e-commerce lain yang juga mencatat transaksi tertinggi selama harbolnas yakni Shopee. Perusahaan mencetak transaksi (gross merchandise value/GMV) Rp 1,3 triliun dalam sehari pesta diskon 12.12 Setidaknya ada 80 juta barang terjual di Asia Tenggara dan Taiwan. 

Saat harbolnas kali ini, lebih dari 1.000 pasang kaos kaki pria terjual dalam sehari. Total 180 ribu jam Shopee Live disiarkan sepanjang puncak kampanye. Selain itu, jumlah ponsel yang terjual selama pesta diskon 12.12 dinilai mampu mendigitalikan 1.000 desa.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Ekarina
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait