Tiga Perusahaan Digital Berkolaborasi Bantu Pengembangan Bisnis UKM

Michael Reily
14 Agustus 2018, 18:07
DBS Bukalapak
Donang Wahyu|KATADATA
Sejumlah produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang mengikuti pameran.

Tiga perusahaan digital Indonesia, yakni  Moka, Sleekr, dan KoinWorks  berkolaborasi membantu pengembangan bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM). Ketiganya meluncurkan program Pahlawan UKM untuk merangkul pengusaha kecil dan menengah dalam meningkatkan bisnisnya melalui pemanfaatan teknologi digital.

Ketua Operasional Komunitas Pahlawan UKM Achmad Ja’far menyatakan program tersebut diharapkan  bisa membantu literasi fitur operasional bisnis dan juga pemasaran digital. “Penerapan teknologi digital menjadi hal yang sangat penting bagi perkembangan bisnis UKM Indonesia,” kata Ja’far di Jakarta, Selasa (14/8).

Dia mengungkapkan masih banyak UKM yang belum memaksimalkan potensi  teknologi digital. Mengutip data Kementerian Komunikasi dan Informatika, dari 59 juta UKM di Indonesia, baru 8% pengusaha yang memanfaatkan teknologi digital.

(Baca : KoinWorks dan Gadjian Luncurkan Fitur Kredit bagi Karyawan)

Ja’far yang sekaligus menjabat sebagai Head of Community and Event MokaPOS menjelaskan, pihaknya bakal menyediakan konten penjualan digital kepada UKM yang disertai dengan penghitungan bisnis. Sehingga, setiap pelaku usaha yang ikut program punya gambaran terkait pengembangan bisnis.

Dia mengatakan, saat ini masih banyak pelaku UKM banyak yang kesulitan untuk pengembangan bisnisnya. “Kami bertindak sebagai inkubator di kelas menengah,” ujar Ja’far.

Tercatat, ada 70 UKM yang hadir dalam peluncuran program Pahlawan UKM. Rencananya, kolaborasi akan terus ditingkatkan dalam bentuk seminar dan lokakarya untuk penggunaan fitur digital.

Head of Communications CoinWorks Debby Lufiastia mengungkapkan penerapan teknologi juga bisa dimanfaatkan untuk meraih pendanaan. CoinWorks misalnya, siap menyalurkan  pembiayaan untuk segmen UKM sebesar Rp 10 juta hingga Rp 2 miliar dengan tenor pinjaman selama 2 tahun.

(Baca juga: Bisnis Serba Digital: Untuk (Si) Apa?)

 Debby mengakui belum memiliki target penyediaan dana untuk bantuan modal. Namun, dia memastikan paket yang disediakan dalam program Pahlawan UKM akan sangat membantu pengembangan bisnis. “Syaratnya hanya bisnis UKM sudah berjalan selama setahun,” katanya.

Sementara itu, Sleekr juga menyatakan siap mendukung operasional UKM, khususnya dalam pembuatan laporan keuangan harian maupun manajemen sumber daya manusia (SDM). Sehingga, UKM bisa semakin mudah menjalankan kegiatan bisnis dan perekrutan orang. 

Marketing Manager Sleekr Diana Octavia menjelaskan visi dan misi Pahlawan UKM adalah untuk mengedepankan konsep digital. Sehingga, semua UKM bisa ikut dalam program. “Kami akan membantu UKM yang bergerak dalam bidang apapun,” ujar Diana.

Sleeker merupakan perusahaan penyedia platform bisnis  berbasis cloud dalam pengelolaan akuntansi keuangan serta SDM.

 

Editor: Ekarina
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait