Mantan Stafsus Milenial Jokowi Raih Penghargaan Alumni Terbaik Harvard

Belva menerima penghargaan itu dikarenakan dianggap sukses menciptakan solusi pemanfaatan teknologi dan memimpin Ruangguru.
Image title
4 Juni 2020, 15:19
Mantan Stafsus Milenial Jokowi Raih Penghargaan Alumni Terbaik Harvard.
Instagram/@belvadevara
Belva Devara di Istana Kresidenan, Jakarta, Kamis (21/11). Pendiri Ruangguru sekaligus mantan staf khusus presiden Joko Widodo ini menerima penghargaan alumni dari Harvard Kennedy School.

Pendiri sekaligus Direktur Utama Ruangguru Belva Devara mendapat penghargaan Harvard Kennedy School Alumni Awards tahun 2020 di kategori Digital Innovation. Belva menerima penghargaan itu dikarenakan dianggap sukses menciptakan solusi pemanfaatan teknologi dan memimpin Ruangguru sebagai startup edutech terbesar di Asia Tenggara.

“Ini merupakan suatu kehorman, almamater saya telah memberikan penghargaan ini,” ujar Belva, dikutip dari siaran pers, Kamis (4/6).

(Baca: Mundur dari Stafsus, CEO Ruangguru Setop Program Beri Modal UMKM)

Mantan Staf Khusus Presiden Joko Widodo ini menyatakan, penghargaan ini merupakan apresiasi sekaligus pengingat bagi dirinya dan keluarga besar Ruangguru untuk terus berinovasi dan berpegang teguh pada visi perusahaan. Adapun visi perusahaan yaitu, memperluas akses terhadap pendidikan berkualitas dengan teknologi.

"Penghargaan ini untuk semua tim Ruangguru," ujarnya. 

Sementara dikutip dalam akun Instagramnya, Belva menceritakan seharusnya dia menerima penghargaan tersebut secara langsung di Boston, Amerika Serikat (AS). "Tetapi, karena Covid-19 (penghargaan diberikan) lewat online," ujar dia dikutip dari akun @belvadevara.

Setiap tahun Dewan Alumni Harvard Kennedy School memilih sejumlah alumni terbaik atas kontribusi dan upaya mereka dalam meningkatkan kehidupan publik di komunitas lokal, nasional, maupun global. Penghargaan ini diumumkan lewat situs blog Harvard Kennedy School Alumni Awards 2020 pada 27 Mei 2020 lalu.

(Baca: Jokowi Sebut Pahami Pengunduran Diri Dua Staf Khusus Milenial)

Selain Belva, sejumlah alumni lain yang juga menerima penghargaan ini di antaranya J. Mark Iwry (Amerika Serikat), Sara Minkara (Amerika Serikat-Lebanon), Theodora Skeadas (Amerika Serikat), Jerome Holmes (Amerika Serikat), Women in Defense, Diplomacy, and Development (W3D) Shared Interest Group (Amerika Serikat), dan Jerome A. Holmes (Amerika Serikat).

Sebagai informasi, Belva mendirikan Ruangguru bersama rekannya, Iman Usman pada 2014 ketika megejar gelar master di jurusan Administrasi Publik di Harvard Kennedy School, Boston, AS. Selama menempuh pendidikan,  Belva belajar bahwa kualitas pendidikan dapat mengubah masa depan anak.

Didasari semangat itu, Belva dan Iman lantas menciptakan alternatif belajar dengan materi pendidikan berkualitas yang dapat diakses oleh lebih banyak siswa sekaligus dengan pemanfaatan teknologi.

Melalui aplikasi mobile Ruangguru, kini materi belajar berkualitas kini dapat menjangkau pengguna lebih luas, biaya lebih terjangkau dan efisien dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.

Hingga saat ini, Ruangguru dikenal sebagai perusahaan penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi yang mempermudah proses belajar bagi 17 juta murid dan memberikan akses kepada 300.000 guru. Aplikasi ini bahkan berekspansi dan beroperasi aktif di Indonesia, Singapura, Vietnam, dan Thailand.

Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Ekarina
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait