9 Tahun Menjabat jadi CEO Apple, Tim Cook Masuk Daftar Miliarder Dunia

Kekayaan Cook juga ikut terdongkrak oleh harga saham Apple yang ikut melonjak beberapa waktu terakhir.
Image title
Oleh Fahmi Ahmad Burhan
11 Agustus 2020, 20:46
9 Tahun Menjabat jadi CEO Apple, Tim Cook Masuk Daftar Miliarder Dunia.
ANTARA FOTO/REUTERS/Eduardo Munoz
CEO Apple Tim Cook tiba untuk penayangan perdana Apple's "The Morning Show" di Lincoln Center di Manhattan, New York City, New York, Amerika Serikat, Senin (28/10/2019).

CEO Apple Tim Cook mengukuhkan dirinya sebagai miliarder  dengan total kekayaan saat ini mencapai US$ 1 miliar atau setara Rp 14,7 triliun. Kekayaan ini ia dapatkan setelah menggantikan Steve Jobs memimpin Apple sejak 2011 hingga menjadi salah satu perusahaan paling berharga di dunia saat ini. 

Berdasarkan laporan Bloomberg Billionaires Index, kekayaan bersih Cook merupakan gabungan dari gaji yang dia peroleh di Apple, jumlah saham yang dia miliki serta hasil penjualan saham. 

Pada  2019 Cook mendapatkan gaji pokok US$ 3 juta dan pembayaran insentif sekitar US$ 7,6 juta. Cook pun tercatat memiliki 847.969 saham Apple seharga lebih dari US$ 380 juta.

"Cook saat ini hanya memiliki secara sekitar 0,02% saham Apple, senilai US$ 375 juta," dikutip dari CNN International, Selasa (11/8). 

Kekayaan Cook juga ikut terdongkrak oleh harga saham Apple yang ikut melonjak beberapa waktu terakhir. Kenaikan harga saham itu membuat kapitalisasi pasar perusahaan melonjak menjadi US$ 1,9 triliun.  

"Dari semua nilai saham ini, Apple telah menjadi mesin penghasil uang terbesar dalam sejarah," kata partner di perusahaan modal ventura Hoxton Ventures Hussein Kanji dikutip dari Bloomberg pada Selasa (11/8).

Berbeda dengan CEO raksasa teknologi lain seperti Bill Gates ataupun Mark Zuckerberg, Cook bukanlah seorang pendiri perusahaan. Ia menggantikan pendiri Apple yang sebelumnya menjabat sebagai CEO yakni Steve Jobs.

Alhasil, di awal masa jadi CEO, kekayaan bersihnya jauh lebih rendah dibandingkan Gates yang mendirikan Microsoft maupun Zuckerberg yang mendirikan Facebook.

Cook diketahui sebagai teman lama Jobs. Pada 1998, Jobs meminta Cook untuk bergabung dengan Apple. Pada awal bergabung dengan Apple, dia menjabat sebagai Senior Vice President untuk operasi di seluruh dunia. 

Ia ditugaskan membuat kesepakatan penting dengan produsen dalam menjadikan produk Apple sebagai perangkat teknologi andal. Sebagai eksekutif yang relatif tidak begitu dikenal, Cook pun banyak diragukan pengamat industri. 

"Banyak yang mempertanyakan apakah sosoknya bisa mengisi posisi yang ditinggalkan Jobs atau tidak?" dikutip dari Business Insider , Selasa (11/8).

Namun nyatanya, kini dia ikut membantu membesarkan Apple hingga menjadi perusahaan berkapitalisasi hampir US$ 2 triliun.

Bloomberg Billionaires Index, mencatat tiga besar orang terkaya dunia masih ditempati nama -nama besar pemilik raksasa teknologi, seperti bos e-commerce Amazon, Jeff Bensos dengan kekayaan US$ 186 miliar.

Berikutnya, bos Microsoft Bill Gates dengan kekayaan US$ 121 miliar dan diikuti pemiliki Facebook Mark Zuckerberg dengan kekayaan 99,7 miliar.

 

 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Ekarina

Video Pilihan

Artikel Terkait