Gandeng GoPay, Blue Bird Sediakan Pembayaran QRIS di 11 Ribu Taksi
PT Blue Bird Tbk (Blue Bird) menggandeng fintech pembayaran milik Gojek, GoPay, untuk menyediakan sistem pembayaran berbasis kode Quick Response [QR] Code Indonesian Standard (QRIS). Nantinya, sistem pembayaran tersebut akan tersedia di 11 ribu armada taksi Blue Bird yang beroperasi di 19 kota di seluruh Indonesia.
"Semua kota sudah kami implementasikan QRIS. Ke depannya, penerapan ini bakal terus berlanjut sehingga kami pastikan setiap kendaraan yang beroperasi memiliki opsi pembayaran ini, termasuk jenis armada kami yang lainnya," ujar Direktur Bluebird Adrianto Djokosoetono dalam video conference, Kamis (13/8).
Tarif minimum pembayaran Blue Bird dengan QRIS dibanderol sesuai argo jarak terpendek, sesuai lokasi armada beroperasi. "Misalnya di Jakarta argonya Rp 6.500, ada juga yang Rp 5.500, jadi tergantung lokasi pelanggan menggunakan jasa armada perusahaan," katanya.
Adrianto mengatakan, pembayaran non-tunai (cashless) semakin diminati pelanggan di tengah pandemi corona. Menurut dia, pelanggan taksi kini banyak mulai beralih ke metode pembayaran tersebut bukan hanya untuk mencegah penularan virus, tapi juga untuk kenyamanan.
Pandemi corona sempat berdampak pada permintaan jasa dari para pelanggannya. Namun, ia enggan merinci penurunan permintaan tersebut.
Menurutnya, permintaan taksi kini semakin membaik seiring masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB). "Minggu demi minggu, bulan demi bulan, kami menuju recovery," ujar dia.