Salip Samsung, iPhone Rajai Pasar Smartphone Terlaris Semester I 2020

iPhone menjadi smartphone terlaris selama periode tersebut, mengalahkan kompetitornya, Samsung dan Xiaomi.
Image title
3 September 2020, 13:02
Salip Samsung, iPhone Rajai Pasar Smartphone Terlaris Semester I 2020.
123RF.com
Apple iPhone Xs Max Silver. Iphone 11 mencatat pengiriman tertinggi sepanjang kuartal I 2020 melampaui Samsung dan Xiomi.

Firma riset Omdia merilis daftar 10 smartphone terlaris secara global pada semester pertama 2020. Produk ponsel milik raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) Apple Inc. yakni iPhone menjadi smartphone terlaris selama periode tersebut, mengalahkan kompetitornya, Samsung dan Xiaomi.

Dikutip dari GSMArena, Rabu (2/9), Omdia melaporkan seri iPhone 11 menempati peringkat pertama sebagai smartphone yang paling diminati selama paruh pertama 2020. Total pengiriman produk ini secara global mencapai mencapai 37,7 juta unit.

Capaian tersebut menempatkan iPhone 11 lebih tinggi dibandingkan model terlaris pada periode yang sama di 2019 yakni iPhone XR dengan penjualan 26,9 juta unit.

Di peringkat kedua, smartphone terlaris ditempati Samsung Galaxy A51 dengan penjualan global sebanyak 11,4 juta unit. Namun, tak seperti periode tahun sebelumnya, dimana ada empat smartphonenya masuk ke dalam daftar penjualan terlaris. Kali ini, Samsung hanya berhasil memasukkan satu produk dalam daftar smartphone terlaris tersebut.

Adapun di posisi ketiga dan keempat ditempati oleh Xiaomi melalui seri  Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro. Keduanya mencatat penjualan masing-masing 11 juta unit dan 10,2 juta unit. 

Kemudian, posisi kelima, keenam, dan ketujuh kembali ditempati oleh Apple melalui penjualan iPhone SE (8,7 juta unit), iPhone XR (8 juta unit), iPhone 11 Pro Max (7,7 juta).

Selanjutnya, di posisi delapan dan sembilan kembali ditempati Xiaomi melalui penjualan Redmi 8A (7,3 juta unit) dan Redmi (6,8 juta unit). Lalu terakhir, ada  iPhone 11 Pro dengan total penjualan  global 6,7 juta. 

Dari deretan nama tersebut, produsen smartphone asal Tiongkok, Huawei tak termasuk dalam daftar. Omdia sebelumnya mengatakan, absennya Huawei dalam daftar 10 penjualan smartphone teratas global ini dikarenakan perusahaan berada di bawah tekanan dari sanksi pemerintah Amerika Serikat (AS).

Hal tersebut lantas membuat perusahaan asal Tiongkok itu penjualannya menurun di luar negeri. Selain Huawei, produsen smartphone lainnya tidak masuk ke dalam daftar sepuluh besar ini adalah OPPO dan Vivo.

Sedangkan pada 2019, data Canalys mencatat, Samsung merajai pasar ponsel pintar atau smartphone dengan pangsa pasar sebesar 21,8%. Merek Korea Selatan itu berhasil mengirimkan perangkatnya sebanyak 298,1 juta unit ponsel.

Pencapaian tahun tersebut tumbuh 2% dibanding 2018. Huawei, merek Tiongkok berhasil menyusul Samsung. Merek tersebut berhasil melakukan pengiriman sebesar 240,6 juta unit ponsel. Huawei juga menguasai 17,6% pangsa pasar dunia.

 

 

 

Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Ekarina

Video Pilihan

Artikel Terkait