Penjualan Kuartal I Naik 4,5%, Unilever Raup Laba Rp 1,8 Triliun

Image title
29 April 2020, 21:04
Akibat Penjualan Naik & Efisiensi, Unilever Raih Laba Bersih Rp 1,8 T .
Arief Kamaludin|KATADATA
Emiten consumer goods, PT Unilever Indonsia mengantongi laba bersih Rp 1,86 triliun sepanjang triwulan I 2020.

Emiten produk konsumsi, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) mencatatkan laba bersih Rp 1,86 triliun sepanjang triwulan I 2020. Laba tersebut tumbuh 6,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 1,74 triliun.

Dalam laporan keuangan yang dirilis perusahaan Rabu (29/4), laba bersih Unilever disebabkan oleh meningkatnya penjualan perseroan yang diikuti oleh penurunan komponen beban. 

Sepanjang triwulan I 2020, Unilever mengantongi penjualan Rp 11,15 triliun, tumbuh 4,5% dari Rp 10,66 triliun secara tahunan.

(Baca: Bisnis Spreads & BlueBand Tak Berkontribusi, Laba Unilever Turun 18,5%)

Mayoritas penjualan Unilever disumbang dari pasar dalam negeri senilai Rp 10,63 triliun atau naik 4,37% secara tahunan dibanding periode sebelumnya Rp 10,18 triliun. Sementara, penjualan dari ekspor, perusahaan mengantongi penjualan senilai Rp 521,69 miliar atau naik 9% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. 

Selain penjualan yang meningkat, Unilever berhasil menekan harga pokok penjualan (HPP) sebesar 0,99% menjadi Rp 5,30 triliun. 

Dengan naiknya penjualan bersih dan turunnya harga pokok penjualan, mambuat laba kotor Unilever pada triwulan I 2020 melesat 10,2% menjadi Rp 5,84 triliun. "Pada triwulan I 2019,  laba kotor perusahaan mencapai Rp 5,3 triliun," tulis manajemen Unilever dalam laporan keuangan dalam keterbukaan infomasi di BEI, Rabu (29/4).

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...