Kampanye #MakanTanpaSisa, Upaya DBS Indonesia Untuk Kebaikan Bumi

“Gerakan Makan Tanpa Sisa dari Bank DBS ini diharapkan dapat menjadi kampanye edukatif yang menular, khususnya bagi keluarga dan lingkungan relawan,”
Image title
Oleh Ekarina - Tim Publikasi Katadata
25 Agustus 2021, 18:31
Praxis DBS #6
Praxix DBS

Bank DBS Indonesia mengajak masyarakat meningkatkan kesadaran mengurangi sampah makanan melalui gerakan #MakanTanpaSisa. Sebab, sering kali manusia tanpa sengaja, menyisakan makanan dan bahan masakan dalam konsumsi harian mereka yang sebetulnya dapat dimanfaatkan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Data United Nation Environment Programme (UNEP) Food Waste Index Report 2021 menyebutkan, Indonesia berada di urutan ketiga dunia sekaligus terbesar di Asia Tenggara penyumbang sampah makanan dengan angka 20 ton per tahun.

Untuk itu, Bank DBS Indonesia sebagai lembaga keuangan yang menjalankan praktik bisnis berkelanjutan menginisiasi gerakan #MakanTanpaSisa dalam kampanye “Towards Zero Food Waste”. Program ini dilakukan guna mendorong masyarakat sebagai konsumen lebih memperhatikan dan peduli terhadap makanan yang mereka konsumsi agar mengurangi sampah untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Salah satu upaya Bank DBS Indonesia dalam mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi sampah makanan adalah lewat para relawannya yang dikenal dengan sebutan People of Purpose (PoP). Kegiatan yang mereka adakan antara lain, menggelar demo masak, yang mengajarkan cara memasak tanpa banyak membuang bahan masakan; membeli imperfect product dari wirausaha sosial yang menaungi para petani; mengumpulkan stok makanan berlebih dari dapur PoP serta masih banyak lagi.

Dalam mendukung kampanye #MakanTanpaSisa ini, Mona Monika, Executive Director, Head of Group Strategic Marketing & Communication, Bank DBS Indonesia mengatakan, gerakan Makan Tanpa Sisa ini diharapkan dapat menjadi kampanye edukatif yang menular, tidak hanya bagi People of Purpose khususnya, tetapi juga bagi keluarga dan lingkungan para relawan. “Dengan demikian, harapan kami terutama dari Bank DBS, melalui program ini akan tercipta sebuah lingkungan yang sustainable dan lebih baik bagi masa depan.”

Keseriusan Bank DBS Indonesia dalam program kampanye #MakanTanpaSisa ini terlihat tak hanya dari kegiatan donasi dan gelaran acara, tetapi juga dengan dibuatnya program khusus bagi para nasabah kartu kredit Bank DBS.

Divisi Kartu Kredit Bank DBS Indonesia, misalnya, membuat program donasi makanan dari point rewards kartu kredit, di mana nasabah kartu kredit dapat menukarkan sejumlah poin yang telah tercapai dengan porsi makanan. Melalui kerja sama dengan wirausaha sosial, porsi makanan tersebut dapat didonasikan kepada masyarakat terdampak pandemi.

Selalu ada cara untuk berbuat baik terhadap sesama. Dengan fasilitas dari Bank DBS Indonesia, berbagi kebaikan dengan yang lain pun menjadi lebih mudah. Di Bank DBS Indonesia, bahkan kebaikan bisa dimulai saat bertransaksi perbankan untuk diri sendiri sekalipun.

Menjadi bank yang digerakkan oleh tujuan yang berkesinambungan merupakan DNA dari Bank DBS Indonesia. Oleh karena itu, Bank DBS terus berinovasi untuk menjadi bank yang mengedepankan keseimbangan antara ekonomi, sosial serta lingkungan (Economy, Social, Governance-ESG).

Upaya tersebut dilakukan Bank DBS Indonesia atas kesadaran akan perannya sebagai lembaga keuangan yang menjalankan bisnis yang berkelanjutan bagi generasi masa depan dan lingkungan hidup. Hal tersebut juga diimplementasikan melalui layanan perbankan yang terdepan dan terpercaya, serta dikurasi sesuai dengan kebutuhan nasabah yang seiring dengan perkembangan teknologi.

Bank DBS Indonesia juga menginisiasi gerakan “Towards Zero Food Waste” dalam kampanye #MakanTanpaSisa guna mengedukasi serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengurangi dan mengelola sampah makanan. Melalui upaya tersebut, Bank DBS Indonesia berharap dapat menciptakan dunia yang lebih baik.

Untuk mengetahui berbagai cerita menarik dan inspirasi Portraits of Purpose dari Bank DBS Indonesia, baca cerita inspirasi lainnya dari Bank DBS Indonesia di sini

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait