Ilmuwan Teliti Dampak Mikroplastik di Lautan

Hari Widowati
27 Desember 2023, 10:04
Ilustrasi mikroplastik.
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/nym.

Sebuah tim ilmuwan internasional yang bekerja di sebuah kapal penelitian di lepas pantai Panama sedang meneliti dampak dari mikroplastik yang mencemari lautan. Setiap tahun diperkirakan ada 33 miliar pon atau sekitar 16,5 juta ton sampah plastik dunia yang masuk ke lautan.

"Kami sedang menjelajahi sesuatu yang belum pernah dijelajahi," kata Alvise Vianello, seorang profesor kimia di Universitas Aalborg di Denmark, kepada CBS News. "Ini seperti mencari jarum di tumpukan jerami."

Dalam kasus ini, jarum tersebut adalah mikroplastik yang ada di lautan. Menurut kelompok konservasi nirlaba Oceana, sampah plastik yang masuk ke lautan itu akhirnya terurai menjadi fragmen-fragmen kecil yang disebut sebagai mikroplastik.

Sebuah studi pada tahun 2020 menemukan 1,9 juta keping mikroplastik di area seluas 11 kaki persegi di Laut Mediterania. "Mikroplastik adalah pecahan plastik kecil yang berukuran kurang dari 5 milimeter," kata Vianello.

Para peneliti mencoba mengisi bagian yang hilang dari teka-teki mikroplastik. "Saya ingin tahu apa yang terjadi pada mereka saat mereka masuk ke dalam lautan. Sangat penting untuk memahami bagaimana mereka bergerak dari permukaan ke dasar laut," kata peneliti Laura Simon dari Aalborg University.

Sekitar 70% sampah laut tenggelam ke dasar laut, tapi kita hanya tahu sedikit tentang dampaknya. Sebuah studi yang diterbitkan pada bulan Maret oleh 5 Gyres Institute memperkirakan bahwa saat ini terdapat 170 triliun potongan plastik di lautan. Angka tersebut menunjukkan ada lebih dari 21.000 potongan plastik untuk setiap orang di planet ini.