Gandeng Bank Dunia, Luhut Fokus Rehabilitasi 75 Ribu Hektare Mangrove

Tia Dwitiani Komalasari
26 Februari 2024, 16:23
Luhut
Instagram @luhut.pandjaitan
Button AI Summarize

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Padjaitan, menggandeng Bank Dunia dan TNI Angkatan Darat untuk fokus pada rehabilitasi 75 ribu hektare lahan Mangrove dan melakukan konservasi 400 ribu hektare mangrove. Langkah ini merupakan bagian dari rencana besar rehabilitasi 600 ribu hektare lahan Mangrove di Kawasan Pesisir.

Luhut mengatakan, Mangrove memiliki potensi besar dalam mengurangi emisi karbon. Pasalnya, mangrove dapat menyerap karbon dalam jumlah besar secara alami.

"Potensi Mangrove akan kami manfaatkan antara lain untuk transformasi ekonomi hijau dan akan terus mengarah ke karbon biru yang lebih ramah lingkungan serta berkelanjutan," kata Luhut dikutip dari Instagram resminya @luhut.pandjaitan, Senin (26/2).

Dia mengatakan, hal ini menjadi penting mengingat Indonesia berkomitmen mengendalikan perubahan iklim global. Rehabilitasi mangrove diharapkan dapat mendukung penurunan emisi sesuai dokumen kontribusi nasional (NDC).

"Saya melihat keberhasilan program ini akan dicapai jika integrasi seluruh stakeholder mampu memberdayakan masyarakat di sekitar pesisir," kata Luhut.

Dia mengatakan, ekosistem mangrove di pesisir Indonesia tidak hanya menjadi tempat penyimpanan karbon. Hal ini juga mampu menjadi sumber alternatif baru mata pencaharian bagi masyarakat sekitar ekosistem mangrove berada.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...