Elon Musk PHK Karyawan di Unit Bisnis Pengisian Daya Tesla
Elon Musk, CEO Tesla Inc, mengambil keputusan secara mendadak untuk memberhentikan karyawan yang menjalankan bisnis pengisian daya kendaraan listrik Tesla. Keputusan Musk ini mengejutkan para produsen mobil yang sedang bersiap-siap untuk melengkapi kendaraan listrik baru mereka agar pelanggan dapat menggunakan jaringan Tesla Supercharger.
General Motors, Ford, dan produsen mobil lainnya telah membuat kesepakatan dengan Tesla pada tahun lalu untuk memberikan akses ke jaringan Tesla Supercharger kepada pengguna kendaraan listrik mereka. Produsen otomotif tersebut mengatakan mereka tidak akan mengubah rencana mereka.
Keputusan Tesla untuk membuka jaringan pengisian daya kepada produsen mobil listrik saingannya dipuji oleh Presiden AS Joe Biden. Hal tersebut membuka peluang bagi Tesla untuk mendapatkan subsidi federal guna memperluas jangkauan sistem Standar Pengisian Daya Amerika Utara (NACS).
Namun, keputusan Musk untuk memberhentikan Rebecca Tinucci, Kepala Bisnis Pengisian Daya Tesla, dan sebagian besar staf yang mengoperasikan dan memelihara sistem Tesla Supercharger membuat para pejabat di produsen mobil dan pemasok Tesla tidak yakin terhadap masa depan.
Tesla tidak menanggapi permintaan komentar yang diajukan oleh Reuters. Musk kemudian mengatakan di X bahwa produsen mobil itu masih berencana untuk memperluas jaringan Supercharger. "Hanya saja dengan kecepatan yang lebih lambat untuk lokasi baru dan lebih fokus pada waktu kerja 100% dan perluasan lokasi yang sudah ada,” ujar Musk seperti dikutip Reuters, Selasa (30/4).
Andres Pinter, co-CEO Bullet EV Charging Solutions, pemasok jaringan, mengatakan, “Sebagai kontraktor untuk jaringan Supercharger, tim saya seperti mendapatkan tendangan dengan kabar ini.”
Pinter mengatakan Tesla telah mendapatkan uang di bawah program NEVI dari pemerintah federal. Hal ini mengacu pada program formula Infrastruktur Kendaraan Listrik Nasional untuk memberikan dana kepada negara-negara bagian untuk menyebarkan jaringan pengisian daya kendaraan listrik.
“Tidak mungkin Musk akan meninggalkan uang gratis secara efektif. Mungkin saja Musk akan membentuk kembali tim pengisi daya EV dengan cara yang lebih besar, lebih buruk, dan lebih Muskian,” ujarnya.
GM dan Ford, dalam pernyataan terpisah, mengatakan bahwa mereka tidak mengubah rencana untuk melengkapi mobil listrik mereka dengan konektor yang memungkinkan pengemudi mobil listrik merek Chevrolet, Cadillac, atau Ford untuk mengisi ulang daya di stasiun Tesla.
“Tidak ada hal baru yang bisa kami umumkan terkait rencana kami,” kata GM. GM akan terus memantau situasi terkait perubahan pada tim Supercharger dan potensi dampaknya tanpa ada komentar atau pembaruan lebih lanjut untuk saat ini.
Efisiensi Biaya Tesla untuk Fokus Baru di Bisnis Kecerdasan Buatan
Beberapa eksekutif dan analis industri mengatakan bahwa Musk bisa saja membubarkan organisasi Supercharger yang ada untuk membangun tim yang lebih ramping dan lebih murah untuk menjalankan operasi. Namun, dalam sebuah conference call dengan para analis pada awal bulan ini, Musk mengatakan bahwa ia fokus pada peluang dalam kecerdasan buatan, robotika, dan robot taksi otonom.
“Dalam PHK ini, tidak ada yang tidak mungkin terjadi. Musk mencoba mengirimkan sinyal secara internal mengenai kesulitan yang dialami Tesla, mereka harus membuat keputusan yang sulit,” kata analis Wedbush Securities Dan Ives.
Tesla minggu lalu melaporkan laba kuartal pertama yang lebih rendah dan penurunan pendapatan kuartalan pertama sejak 2021. Bahkan, setelah lonjakan selama seminggu terakhir, saham Tesla turun sekitar 26% untuk tahun ini.
Cina, yang merupakan pasar terbesar kedua perusahaan, menjadi tujuan kunjungan Musk pada akhir pekan lalu untuk mendiskusikan potensi peluncuran paket bantuan pengemudi yang canggih. Menurut keterangan di situs perusahaan, Tesla memiliki lebih dari 1.350 stasiun Supercharger.
Para analis menilai Musk memangkas pengeluaran jaringan Supercharger untuk menghemat uang tunai untuk proyek-proyek lain yang memiliki potensi pertumbuhan yang lebih besar. “Tesla ingin menyesuaikan ukuran (belanja modal) dan biaya operasionalnya dalam beberapa tahun ke depan karena perusahaan ini berada dalam fase pertumbuhan yang lebih lambat,” ujar analis Morningstar Seth Goldstein.
Produsen mobil yang lebih tradisional mungkin akan bertahan pada bisnis yang menjanjikan pendapatan yang stabil dan pertukaran data yang hampir terus-menerus dengan pelanggan. Akan tetapi, Musk dapat mengambil pandangan pengusaha Silicon Valley bahwa pengisian daya adalah bisnis lama yang dapat disederhanakan atau bahkan didivestasikan.
“Dugaan saya adalah bahwa sekarang setelah industri ini mengadopsi standar NACS, dia memandang Supercharging kurang sebagai parit strategis dan lebih sebagai pusat biaya,” kata KC Boyce, seorang wakil presiden di perusahaan analisis data Escalent.
Para analis menilai jaringan Supercharger Tesla dapat memiliki nilai yang signifikan jika Musk ingin menjualnya. Jaringan pengisian daya saingan AS telah berjuang dengan masalah keandalan dan tidak memiliki skala atau lokasi utama seperti yang dimiliki Tesla.
Tujuh produsen mobil besar, termasuk Mercedes, GM, Stellantis, Honda, BMW, dan Hyundai-Kia pada tahun lalu membentuk perusahaan patungan yang disebut Ionna. Perusahaan patungan itu akan mengembangkan jaringan pengisian daya cepat guna bersaing dengan jaringan Tesla Supercharger.