PLN Operasikan 4 Pembangkit Listrik Mikrohidro 2,95 MW di NTB

Image title
22 Juni 2021, 13:40
pln, pltmh, pembangkit listrik, pembangkit listrik mikrohidro, energi baru terbarukan, ebt, energi bersih, energi hijau
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
PLN

PT PLN menyatakan telah mengoperasikan empat pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) di Narmada, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Total kapasitas keempat pembangkit tersebut mencapai 2,95 megawatt (MW).

Keempat pembangkit hijau tersebut yaitu PLTMH Lembah Sempage, PLTMH Sesaot, PLTMH Narmada dan PLTMH Batu Bedil. Keempat pembangkit ini bisa melistriki 3.277 pelanggan dengan daya 900 volt ampere (VA).

Advertisement

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Lasiran mengatakan pengoperasian keempat pembangkit ini merupakan bentuk komitmen PLN terhadap pencapaian target bauran Energi Baru Terbarukan (EBT). PLN menargetkan EBT dalam bauran energi nasional mencapai 23% pada 2025.  

“Ini merupakan wujud nyata dari satu pilar transformasi PLN, Green, yaitu komitmen PLN untuk terus menghadirkan energi bersih, khususnya di NTB," ujar Lasiran dalam keterangan tertulis, Selasa (22/6).

Dari keempat pembangkit tersebut, PLTMH Lembah Sempage merupakan yang paling terakhir beroperasi. Pembangunan PLTMH berkapasitas 900 kW dari total potensi 1,3 MW ini, menelan biaya Rp 25 miliar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement