Jokowi Soroti Saham Geothermal yang Naik hingga 10 Kali dalam 2 Bulan

Tia Dwitiani Komalasari
7 Desember 2023, 16:51
Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada saat menyampaikan pidatonya di KTT Iklim PBB COP28 di Dubai, Uni Emirat Arab, pada Jumat (1/12).
Dok. COP28
Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada saat menyampaikan pidatonya di KTT Iklim PBB COP28 di Dubai, Uni Emirat Arab, pada Jumat (1/12).

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyoroti investasi energi baru dan terbarukan (EBT) yang banyak dilirik dalam beberapa waktu terakhir. Misalnya saja emiten geothermal yang mengalami lompatan saham tujuh kali hingga 10 kali lipat dalam dua bulan terakhir di Bursa Efek Indonesia.

Jokowi mengatakan, saham emiten tersebut berada di lingkaran energi hijau. Selain geothermal, industri pembangkit panel surya dan tenaga air juga menjadi peluang investasi ke depan yang sangat menjanjikan bagi Indonesia.

Advertisement

Ia mengatakan, Indonesia perlu bertransisi pada pengembangan industri ramah lingkungan dan berkelanjutan guna menangkap peluang pasar investasi global.

"Sehingga peluang green economy harus ditangkap, yang namanya blue economy investasinya segera dikejar. Karena ke depan akan sangat sulit produk yang berkaitan tidak ramah lingkungan bisa diterima di banyak negara," katanya.

Adapun sejumlah emiten yang merambah bisnis geothermal di antaranya PT Pertamina Geothermal Energy (PGEO), dan PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN). Sejumlah emiten juga tengah menjajaki pembangunan geothermal seperti PT Astra Itnernational Tbk (ASII).

 

Pemerataan Investasi

Selain menjadi peluang investasi yang menarik, Jokowi mengatakan sektor EBT juga menciptakan pembangunan nasional. Pasalnya, investasi EBT banyak yang berlokasi di luar Jawa.

Dia mengatakan, sekarang investasi di luar Jawa sudah mencapai 52 persen. Sementara investasi di Jawa 48 persen.

"Artinya, di luar Jawa sudah lebih besar dari investasi yang ada di Jawa, ini benar," kata Presiden Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Investasi 2023 Kamis (7/12), seperti dikutip dari Antara.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement