BRIN: Tangga Ikan Jadi Solusi Biodiversitas Ikan Air Tawar

Hari Widowati
7 Mei 2024, 10:18
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memperkenalkan teknologi tangga ikan (fishway) sebagai solusi untuk mempertahankan biodiversitas ikan air tawar dari hambatan infrastruktur melintang sungai.
Unsplah
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memperkenalkan teknologi tangga ikan (fishway) sebagai solusi untuk mempertahankan biodiversitas ikan air tawar dari hambatan infrastruktur melintang sungai.
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memperkenalkan teknologi tangga ikan (fishway) sebagai solusi untuk mempertahankan biodiversitas ikan air tawar dari hambatan infrastruktur melintang sungai. Teknologi ini akan dipresentasikan dalam kegiatan World Water Forum ke-10 di Bali.

"Tangga ikan memfasilitasi ikan agar dapat bermigrasi dari hilir ke hulu maupun sebaliknya," kata Kepala Pusat Riset Konservasi Sumber Daya Laut dan Perairan Darat BRIN Arif Wibowo saat dihubungi Antara di Jakarta, Senin (6/5).

Tangga ikan merupakan teknologi infrastruktur air sebagai inovasi dalam upaya merestorasi dan konservasi sumberdaya ikan yang menurun akibat bangunan melintang sungai, seperti bendung maupun bendungan untuk pembangkit listrik, irigasi, hingga penyediaan air bersih.

Arif menuturkan pembangunan infrastruktur melintang sungai memiliki peran penting dalam peningkatan ketahanan pangan dan penyediaan energi listrik. Bagi biota spesies sungai, seperti ikan, infrastruktur bendung maupun bendungan menghambat mereka dalam melakukan migrasi dari hilir maupun hulu sungai dan sebaliknya untuk pemijahan serta berkembang biak.

"Tangga dibangun pada bagian sisi kanan atau kiri bangunan melintang sungai, seperti bendung dan bendungan," kata Arif.

Tangga ikan merupakan saluran yang memiliki sekat-sekat di dalamnya dengan desain dimensi yang sudah diperhitungkan untuk mengatur pola aliran air, seperti kecepatan dan turbulensi yang disesuaikan dengan kondisi ikan lokal yang ada di sungai.

Kelebihan aliran sungai akan mengalir di dalam saluran tangga ikan dan ikan yang bermigrasi dari hilir ke hulu sungai (upstream migration) akan menemukan pintu masuk atau entrance fishway di bagian hilir bendung. Kemudian, ikan melewati tiap-tiap sekat pada saluran tangga ikan dan keluar melalui pintu keluar atau exit fishway dan melanjutkan migrasi ke hulu sungai. Sebaliknya, tangga ikan juga akan digunakan oleh ikan yang bermigrasi ke hilir atau laut (downstream migration).

Selain berfungsi untuk menjaga konektivitas sungai, teknologi tangga ikan juga memiliki dampak positif bagi perlindungan populasi ikan yang hidup di sungai. Dengan demikian, biodiversitas dan jumlah ikan dapat terus terjaga. "Populasi ikan yang terjaga akan berdampak positif bagi ketersediaan pada sumber daya protein dari sungai bagi masyarakat sekitar sungai," kata Arif.

Arif berharap semua bangunan melintang sungai, baik bendung maupun bendungan baru yang akan dibangun di Indonesia bisa dilengkapi dengan tangga ikan. Sementara itu, infrastruktur melintang sungai lama yang tidak dilengkapi dengan tangga ikan dan diidentifikasi penurunan populasi bisa dilengkapi dengan tangga ikan untuk merestorasi populasi ikan, khususnya ikan pemigrasi dan ikan ekonomis penting.

Perlu Riset untuk Pahami Biodiversitas Ikan Lokal

Arif mengatakan kegiatan riset sangat diperlukan untuk memahami biodiversitas ikan lokal, kemampuan berenang ikan, karakter biologi dari masing-masing spesies, serta data hidrologi dari setiap sungai agar bisa membuat desain tangga ikan yang tepat.

Meskipun riset terbaru menunjukkan total spesies perikanan darat lebih dari 1.200 spesies, tapi di Indonesia masih banyak sungai-sungai yang belum diketahui keseluruhan biodiversitas ikannya. "Selain itu, informasi terkait karakter biologi dan kemampuan berenang ikan masih sangat minim," tuturnya.

Di negara-negara maju di Benua Eropa, Amerika, dan Australia, teknologi tangga ikan sudah diterapkan untuk merestorasi populasi ikan sungai. Negara-negara Asia Tenggara seperti Laos, Myanmar, dan Kamboja juga mulai sadar akan pentingnya pembangunan tangga ikan untuk menjaga populasi ikan.

Saat ini Indonesia punya empat bendung atau bendungan yang sudah dilengkapi dengan tangga ikan. Teknologi tangga ikan di Indonesia pertama kali dibangun pada tahun 1991 di Bendung Perjaya, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan oleh BBWS Sumatera VII Kementerian PUPR dengan tipe pool dan weir fishway.

Di Sungai Dharmasraya, Bendung Batanghari dilengkapi pool passes and vertical slot fishway dibangun oleh BBWS Sumatera V, Kementerian PUPR. Lalu, DAM Poso 1 dan Bendung PLTA Poso 2 di Sulawesi Tengah juga memiliki fishway vertical slot yang dibangun oleh perusahaan swasta yang bergerak dalam sektor energi.

BRIN berkolaborasi dengan Charles Sturt University, Kementerian PUPR, perusahaan swasta, dan dinas sumber daya air provinsi untuk membangun tangga ikan. Proyek itu mendapat dukungan pendanaan dari Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju (RIIM), The Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR), dan The Australian Water Partnership.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...