Mengenal Metode COD, Sistem Pembayaran Favorit Banyak Orang

Image title
3 Agustus 2022, 07:00
sistem pembayaran, COD, metode COD
ANTARA FOTO/REUTERS/Yara Nardi/aww/sad.
Ilustrasi, seorang kurir pengantar barang.

Dalam kegiatan jual beli barang yang dilakukan secara daring atau online, istilah yang merujuk pada satu sistem pembayaran, yakni COD, cukup sering didengungkan.

Metode COD merupakan salah satu sistem pembayaran yang ada pada bisnis online dewasa ini, selain metode pembayaran melalui transfer bank, dompet elektronik (electronic wallet/e-wallet), atau lewat gerai-gerai yang memang telah ditunjuk.

Advertisement

Keberadaan layanan COD memberikan kemudahan tersendiri bagi para konsumen dalam hal pembayaran. Terutama untuk orang yang tidak terbiasa menggunakan aplikasi m-banking, dan enggan untuk menuju anjungan tunai mandiri (ATM) atau gerai tertentu untuk membayar.

Pengertian COD

COD merupakan kependekan dari cash on delivery, dalam bahasa Inggris. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, cash artinya tunai, dan delivery artinya pengiriman. Maka, secara sederhana COD artinya pembayaran di tempat, alias membayar saat barang diterima.

Awalnya, COD merupakan metode yang digunakan antara penjual dan pembeli secara langsung. Tahapannya, setelah pembeli setuju melakukan pemesanan, maka penjual dan pembeli akan menentukan tempat untuk bertemu, dan melaksanakan transaksi.

Saat bertemu, pembeli akan melihat dan mengecek kondisi barang yang dipesan. Jika semuanya sesuai dengan pesanan, maka pembeli langsung melakukan pembayaran secara tunai.

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya bisnis secara digital, konsep COD pun meluas dan banyak digunakan pada bisnis online, yakni menjadi salah satu opsi pengiriman barang di marketplace.

Penerapannya berbeda dengan sistem COD yang dilakukan awal-awal. Berhubung transaksi melalui marketplace melibatkan kurir untuk pengiriman, maka pembelimenitipkan pembayaran secara tunai kepada kurir yang mengantarkan pesanan.

Selanjutnya, kurir akan menyerahkan dana tersebut ke pihak ekspedisi untuk diteruskan kepada marketplace. Namun, penjual di marketplace akan langsung menerima dana, saat pembeli mengonfirmasi produk sudah diterima setelah proses COD selesai. Nominal uang yang dibayarkan sudah mencakup biaya pengiriman.

Kelebihan Metode COD

Dalam pelaksanaannya, COD adalah metode pembayaran yang disukai tidak hanya oleh konsumen, namun juga penjual. Sebab, metode pembayaran ini dinilai praktis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement