Memahami 6 Fungsi Strategi Pemasaran dalam Bisnis

Anggi Mardiana
1 September 2023, 16:46
Fungsi Strategi Pemasaran
Unsplash
Ilustrasi, strategi pemasaran.

Fungsi strategi pemasaran perlu dimanfaatkan untuk menunjang perkembangan bisnis. Pihak perusahaan harus mampu merencanakan bisnis melalui strategi pemasaran agar bisa bersaing dengan kompetitor lain.

Strategi pemasaran adalah usaha terstruktur untuk memasarkan produk atau jasa agar bisa lebih dikenal luas oleh masyarakat. Fungsinya untuk memastikan agar pembeli mengenal, menilai, melakukan verifikasi dan mengulangi pembelian produk yang ditawarkan.

Contoh Strategi Pemasaran yang Bisa Dilakukan

Berikut contoh strategi pemasaran yang bisa dilakukan dalam dunia bisnis:

  1. Menetapkan dan melakukan identifikasi target pasar.
  2. Membuat rencana tujuan pemasaran seperti brand awareness, peningkatan revenue dan conversion.
  3. Melakukan strategi pemasaran semaksimal mungkin dengan menerapkan marketing mix (product, price, place dan promotion).
  4. Membuat iklan untuk melakukan promosi produk.
  5. Pemasaran transaksional dan non transaksional (SEO).
  6. Menggunakan metode inbound marketing untuk melibatkan konsumen.

Fungsi Strategi Pemasaran

6 Fungsi Strategi Pemasaran
Ilustrasi, strategi pemasaran (Unsplash)

Menurut Tjiptono, strategi pemasaran dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan agar bisa meraih pengembangan keunggulan yang bersaing. Berikut fungsi strategi pemasaran:

1. Tolak Ukur Keberhasilan Bisnis

Apabila strategi pemasaran disusun secara tepat maka bisa membantu produsen mengukur kinerja keberhasilan yang sudah mereka raih. Karena itu, fungsi dari pemasaran yaitu sebagai tolak ukur keberhasilan bisnis dengan cara membandingkan pencapaian dan tujuan yang telah ditargetkan sebelumnya.

2. Pedoman Pemasaran Produk

Fungsi strategi pemasaran berikutnya sebagai pedoman pemasaran produk. Hal ini diperlukan untuk memperkenalkan produk kepada konsumen dengan cara melibatkan mereka dalam prosesnya.

3. Alat Kontrol Pengawasan

Sebagai catatan, rencana strategis pemasaran telah menjadi kesepakatan bersama bagi perusahaan dan tim yang bertanggung jawab di dalamnya. Strategi pemasaran bisa dijadikan sebagai alat kontrol untuk melakukan pengawasan apakah tindakan perusahaan selalu konsisten dan searah dengan kesepakatan atau tidak.

4. Meningkatkan Motivasi Pengembangan Bisnis

Fungsi strategi pemasaran yang harus diraih oleh setiap perusahaan yaitu meningkatkan motivasi pengembangan bisnis melalui inovasi baru untuk menarik konsumen. Dalam hal ini, Anda perlu melakukan identifikasi peluang sebagai hal yang tidak hanya berpatokan pada permintaan pasar tetapi juga pengembangan bisnis.

5. Merumuskan Tujuan Pemasaran

Dalam dunia bisnis, merumuskan tujuan pemasaran merupakan fungsi strategi pemasaran berikutnya. Tujuan yang dirumuskan oleh perusahaan bisa jangka pendek atau jangka panjang. Mulai dari target penjualan yang ingin dicapai, kepuasan pelanggan, kualitas produk hingga bagaimana tujuan perusahaan meraih hal tersebut.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...