Pembangunan LRT Jabodebek Capai 68 Persen, Uji Coba Kereta Diperluas

Image title
14 Desember 2019, 15:00
LRT, Light Rapid Transit (LRT), Adhi Karya Tbk
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi, petugas melintasi gerbong kereta lintas rel terpadu (LRT) di Stasiun Harjamukti, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (4/12/2019). Pembangunan Light Rapid Transit (LRT) sudah mencapai 68 persen dan uji coba bakal diperluas hingga Kampung Rambutan.

Direktur Operasional PT Adhi Karya Tbk Punjung Setya Brata menyatakan perkembangan pembangunan Light Rapid Transit (LRT) Jakarta - Bogor- Depok - Bekasi (Jabodebek) telah mencapai 68 persen. Pada tahap akhir ini, Adhi akan uji coba perluasan rute kereta ke jalur-jalur yang bervariasi.

Adapun perluasan uji coba akan meliputi rute Cililitan, Halim Perdana Kusuma hingga ke Kampung Rambutan yang memiliki medan berupa belokan tajam dan tanjakan. Dengan begitu, uji coba dapat mengetahui performa kereta.

Advertisement

Uji coba juga akan dilaksanakan secara komprehensif pada semua rute yang menjadi jalur perlintasan. "Uji cobanya akan terus dilakukan, urgensinya itu kan yang sekarang hanya 5,5 kilometer jalurnya lurus, belum ada tikungan, tanjakan, atau turunan yang signifikan," kata Punjung di Jakarta, Jumat (13/12).

Selain itu, pihaknya menyatakan ada beberapa rute yang belum tersambung seperti di wilayah Setiabudi dan kawasan Mampang. Kedua rute tersebut ditargetkan dapat tersambung pada Januari 2020.

Punjung juga mengatakan pembebasan lahan pada depo LRT di Bekasi Timur telah selesai. "Alhamdulilah (pembebasan lahan) sudah 99,8 persen," kata dia. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement