Hartono Bersaudara Tetap Orang Terkaya RI, Harta Prajogo Melonjak

Image title
5 Desember 2019, 10:52
daftar orang terkaya Indonesia, hartono bersaudara, prajogo pangestu, forbes
Katadata
Bos Djarum Group Robert Budi Hartono. Budi bersama saudaranya Michael Hartono berhasil menempati posisi teratas orang paling kaya se-Indonesia versi Forbes dalam 11 tahun terakhir.

Forbes kembali merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Hartono bersaudara masih menempati urutan teratas selama 11 tahun berturut-turut. Sedangkan kekayaan pengusaha Prajogo Pangestu tahun ini melonjak cukup tinggi hingga melesat ke posisi ketiga orang paling kaya se-Indonesia.   

Nilai kekayaan bersih Hartono bersaudara mencapai US$ 37,3 miliar atau setara Rp 525,85 triliun. Harta Hartono bersaudara terus meningkat seiring naiknya harga saham PT Bank Central Asia Tbk.

Posisi kedua ditempati oleh keluarga Widjaja yang terdiri dari beberapa pewaris Grup Sinar Mas. Total kekayaan bersih keluarga Widjaja mencapai US$ 9,6 miliar atau sekitar Rp 135,31 triliun.

Masuknya Keluarga Widjaja dalam daftar Forbes tahun ini menggantikan Pendiri Grup Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja yang meninggal pada Januari 2019. Tahun lalu, Eka Tjipta menempati peringkat ketiga dengan kekayaan sebesar US$ 8,6 miliar.

Taipan dengan kenaikan aset terbesar tahun ini yaitu Prajogo Pangestu yang memiliki bisnis utama di bidang petrokimia dan energi. Prajogo melonjak tujuh peringkat ke urutan ketiga.

Harta taipan tersebut naik dari US$ 3 miliar pada tahun lalu menjadi US$ 7,6 miliar atau setara Rp 107,11 triliun. Aset Prajogo tahun ini naik seiring optimisme investor pada prospek perusahaan hingga mampu mengerek harga saham Barito Pacific.

Pengusaha lain yang kekayaannya melonjak signifikan adalah Boenjamin Setiawan di urutan kedelapan. Nilai aset bersih pendiri Kalbe tersebut naik 36% menjadi US$4,35 miliar atau sekitar 61,31 triliun.

Harga saham operator rumah sakit PT Mitra Keluarga Karyasehat yang merupakan perusahaan holding terbesar kedua milik Boenjamin melonjak dua kali lipat dalam 12 bulan terakhir setelah mengakuisisi tujuh rumah sakit di Indonesia. Mitra Keluarga sekarang mengoperasikan 28 rumah sakit di seluruh Indonesia.

(Baca: Harta Orang Terkaya di Singapura Masih di Bawah Hartono Bersaudara)

Adapun daftar 10 orang terkaya di Indonesia versi Forbes yaitu R. Budi & Michael Hartono dengan kekayaan US$ 37,3 miliar menempati posisi pertama, Keluarga Widjaja di posisi kedua dengan harta US$ 9,6 miliar, dan Prajogo Pangestu di peringkat ketiga dengan kekayaan US$ 7,6 miliar.

Kemudian, Susilo Wonowidjojo di peringkat keempat dengan harta US$ 6,6 miliar, disusul Sri Prakash Lohia dengan kekayaan US$ 5,6 miliar, dan Anthoni Salim di peringkat keenam dengan kekayaan US$ 5,5 miliar.

Lalu, nama Tahir menempati posisi ketujuh dengan kekayaan US$ 4,8 miliar, Boenjamin Setiawan di posisi kedelapan dengan US$ 4,35 miliar, Chairul Tanjung dengan kekayaan $3,6 miliar menempati peringkat sembilan dan Jogi Hendra Atmadja di posisi sepuluh dengan harta US$ 3 miliar.

Selain nama-nama di atas, ada lima pendatang baru dalam daftar Forbes tahun ini. Di antara lima orang baru tersebut adalah Winarko Sulistyo yang menduduki peringkat 27 dengan kekayaan US$ 1,2 miliar. Kenaikan harta Winarko berasal dari penjualan 45% saham produsen kertas kemasan PT Fajar Surya Wisesa ke Siam Cement Thailand pada Mei seharga US$ 557 juta.

Nama baru lainnya yaitu Daniel Sihombing yang merupakan penggemar mobil Ferrari dan pengusaha konstruksi. Donald menduduki peringkat 34 dengan kekayaan US$ 970 juta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...