Buka Sidang Kabinet Perdana, Jokowi Sindir Menteri Kabinet Kerja

Dimas Jarot Bayu
24 Oktober 2019, 11:41
Jokowi
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo memberikan pidato saat memimpin sidang kabinet paripurna perdana Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Jokowi menegaskan menteri harus kompak. Dia pun menyindir sejumlah menteri Kabinet Kerja yang kerap bekerja sendiri dan tidak menjalankan visi-mis presiden-wakil presiden.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju untuk kompak. Dia juga menegaskan para menteri tak boleh bekerja secara sektoral.

Pasalnya, pemerintah bekerja untuk membangun negara. “Enggak mungkin menteri berjalan sendiri-sendiri. Ini harus kerja tim,” kata Jokowi ketika membuka sidang kabinet paripurna perdana di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10).

Jokowi berkaca dari pengalamannya memimpin Kabinet Kerja periode 2014-2019. Dia menyebut sejumlah menteri di Kabinet Kerja tak pernah menghadiri rapat ketika diundang Menteri Koordinator. Padahal, sudah tugas Menteri Koordinator untuk mengkoordinasi para menteri agar tak bekerja sendiri-sendiri.

Atas dasar itu, Jokowi meminta para menteri di Kabinet Indonesia Maju tak melakukan hal serupa. “Hal seperti ini yang harus saya garis bawahi. Sekali lagi, kerja tim,” kata Jokowi.

(Baca: Warna-warni Tim Ekonomi Jokowi Jilid 2 )

Tak hanya itu, Jokowi meminta para menteri tak memiliki visi-misi sendiri-sendiri. Jokowi menekankan para menteri harus menjalankan visi-misi Presiden dan Wakil Presiden.

Kepala Negara mengatakan ada beberapa menteri Kabinet Kerja yang tidak paham mengenai hal tersebut. Alhasil, menteri-menteri tersebut masih mempermasalahkan hasil keputusan rapat.

“Kalau sudah diputuskan dalam rapat, jangan sampai di luar masih diributkan lagi,” ucap Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...