Kadin Gelar Indonesia Infrastructure Week Untuk Tingkatkan Investasi

Rizky Alika
10 Oktober 2019, 16:54
Kadin, Infrastruktur
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, Kamar Dagang dan Industri (Kadin). Kadin bakal menggelar Indonesia Infrastructure Week pada 6-8 November 2019 mendatang.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) akan menggelar Indonesia Infrastructure Week (IIW) ke-7 pada 6-8 November 2019 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Ketua Komite Tetap Pembiayaan Infrastruktur Kadin Diding S. Anwar berharap acara tersebut bisa membantu meningkatkan investasi dan memperbaiki daya saing infrastruktur.

Selain itu, acara tersebut diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara pemerintah dan swasta. Sehingga kerja sama dengan investor dapat dibangun dengan baik.

“Ini sejalan dengan langkah pemerintah yang terus mengakselarasi pembangunan infrastruktur nasional," kata Diding di Menara Kadin, Jakarta (10/10).

Pemerintah memang terus meningkatkan anggaran untuk pembangunan infrastruktur. Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2019, pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp 420,5 triliun. Nilai itu merupakan 17,2% dari total belanja 2019 sebesar Rp 2.439,7 triliun.

Pada tahun depan, pemerintah berencana menaikkan anggaran infrastruktur sebesar 4,9% menjadi Rp 419,2 triliun. Nilai anggaran infrastruktur tersebut merupakan yang terbesar di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) seperti terlihat dalam grafik di bawah ini:

Di sisi lain, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) berusaha menggenjot saham infrastruktur. Bappenas mencatat saham infrastruktur pada 2017 hanya sebesar 43% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Pada 2024 diharapkan meningkat hingga 50% terhadap PDB.

Target tersebut membutuhkan investasi infrastruktur sebesar US$ 429,7 miliar atau 6,1% dari PDB pada 2020-2024. Untuk mewujudkannya, pemerintah mendorong peran sektor swasta dalam pembangunan infrastruktur melalui Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) serta Pembiayaan Investasi Non Anggaran Pemerintah (PINA).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...