Cegah Pencemaran Laut, JK Ingatkan Pentingnya Kelola Limbah di Darat

Dimas Jarot Bayu
8 Oktober 2019, 12:35
sampah plastik
ANTARA FOTO/Seno
Limbah plastik mencemari laut. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingkatkan pentingnya pengelolaan limbah di darat demi mencegah pencemaran laut.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menilai pengelolaan limbah di Indonesia harus diubah dari laut ke darat. Masyarakat di perkotaan pun tak boleh lagi langsung membuang limbah ke laut.

Pasalnya, hal tersebut dapat mencemari ekosistem laut Indonesia. Padahal, dalam pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), Indonesia sepakat menjaga kelestarian laut.

Advertisement

“Kota harus mengubah cara berpikir. Kota sampai sekarang air kotornya masih dibuang ke laut,” kata JK saat membuka SDGs Annual Conference 2019 di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (8/10).

JK mengatakan kota-kota di Indonesia harus bisa mengembalikan pengelolaan limbah di darat. Salah satu caranya dengan meniru langkah dari negara lain yang sukses mengembalikan pengelolaan limbah di darat, seperti Thailand.

JK mengatakan dulu air laut pantai Pattaya tercemar limbah hingga orang tak bisa berenang. Namun, pemerintah setempat Pattaya berhasil mengubah pola pikirnya dengan mengelola limbah di darat. 

(Baca: Jokowi Diminta Setop Impor Sampah Plastik)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement