Jokowi Ucapkan Terima Kasih ke Para Menteri di Sidang Kabinet Terakhir

Dimas Jarot Bayu
3 Oktober 2019, 15:11
Jokowi
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo bertepuk tangan saat memimpin upacara penurunan bendera Merah Putih dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Presiden Joko Widodo memimpin Sidang Kabinet Paripurna tentang evaluasi pelaksanaan RPJMN 2014-2019 dan persiapan implementasi APBN 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (3/10). Sidang Kabinet Paripurna ini merupakan yang terakhir kali sebelum Jokowi dilantik kembali untuk periode keduanya.

Ketika membuka sidang, Jokowi menyampaikan apresiasinya kepada semua menteri Kabinet Kerja dan kepala lembaga yang hadir. “Terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras selama lima tahun ini dalam membantu saya dan Bapak Jusuf Kalla menjalankan visi dan program-program prioritas kita bersama,” kata Jokowi.

Jokowi pun berterima kasih kepada para menteri karena tidak memiliki visi-misi pribadi. Jokowi mengatakan, dirinya sejak awal memang meminta agar para menteri hanya menjalankan visi-misi Presiden dan Wakil Presiden.

Hal itu agar jajaran Kabinet Kerja tidak berjalan masing-masing. “Agar semuanya kita betul-betul berada dalam satu visi, satu tujuan, dan satu jalur,” kata Jokowi.

(Baca: Jokowi Umumkan Kabinet Baru Usai Pelantikan )

Eks Gubernur DKI Jakarta itu lantas mengklaim sudah banyak yang dikerjakan pemerintah dengan berbagai keterbatasan dalam lima tahun terakhir. Pemerintah telah menyusun fondasi bagi arah pembangunan nasional agar lebih tangguh, produktif, dan merata.

Pemerintah juga telah mereformasi bidang fiskal agar APBN semakin sehat dan mandiri. “Kami juga telah meletakkan fondasi bagi pembangunan Indonesia sentris, bukan Jawa sentris, dalam melakukan percepatan di bidang infrastruktur,” ucap Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...