Jokowi Perintahkan Polisi Tak Represif Dalam Menangani Demonstrasi

“Saya juga sejak awal, kemarin saya ulangi lagi juga kepada Kapolri, agar jajarannya tidak bertindak represif,” kata Jokowi.
Dimas Jarot Bayu
Oleh Dimas Jarot Bayu
27 September 2019, 14:40
Jokowi, Kepolisian
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Polisi bersiaga saat demonstrasi mahasiswa di Jakarta pada Senin (23/9). Jokowi kembali perintahkan Kepolisian tidak bertindak represif dalam menangani demonstrasi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memerintahkan agar polisi tidak bertindak represif dalam menangani demonstrasi mahasiswa di berbagai kota. Pernyataan Jokowi ini merespon meninggalnya dua mahasiswa dari Universitas Halu Oleo (UHO) bernama Randi (21) dan M Yusuf Kardawi (19) saat berdemonstrasi di depan gedung DPRD Kendari, Sulawesi Tenggara.

Randi yang merupakan mahasiswa Fakultas Perikanan UHO meninggal di lokasi kejadian dengan luka tembak di dada kanan. Sedangkan Yusuf yang merupakan mahasiswa Fakultas Teknik UHO sempat mengalami kritis akibat luka di bagian kepala sebelum akhirnya meninggal pada Jumat (27/9) pagi.

“Saya juga sejak awal, kemarin saya ulangi lagi juga kepada Kapolri, agar jajarannya tidak bertindak represif,” kata Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (27/9).

Menurut Jokowi, demonstrasi merupakan hak seluruh warga negara dalam menyampaikan pendapat. Demonstrasi, kata Jokowi, dijamin oleh konstitusi.

(Baca: BEM SI Tolak Temui Jokowi, Menhan Justru Klaim Bertemu 70 Mahasiswa)

Makanya penanganan demonstrasi tak bisa dilakukan dengan cara represif. “Sekali lagi, tadi sudah saya sampaikan bahwa dalam menangani demonstrasi tidak represif,” ujar Jokowi.

Jokowi juga memerintahkan adanya investigasi terhadap kasus kematian Randi dan Yusuf. Menurut Kepala Negara, investigasi akan dilakukan terhadap seluruh jajaran polisi yang mengamankan demonstrasi.

Lebih lanjut, eks Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Randi dan Yusuf. Dia berdoa agar Randi dan Yusuf diberikan tempat terbaik di sisi-Nya.

Dia juga berdoa agar orangtua Randi dan Yusuf diberikan ketabahan dan keikhlasan. “Semoga apa yang diperjuangkan oleh ananda Randi dan ananda Yusur Kardawi menjadi kebaikan bagi bangsa ini,” katanya.

(Baca: Mahasiswa Tepis Kabar Demonstrasi Ditunggangi Pihak Tertentu)

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Video Pilihan

Artikel Terkait