Jonan Sebut Habibie Sosok Inspiratif Perkembangan Teknologi Indonesia

Image title
12 September 2019, 13:35
BJ Habibie, Ignasius Jonan, Teknologi
KATADATA/Arief Kamaludin
Mantan Presiden BJ Habibie menyapa awak media sebelum menghadiri pembukaan Sidang Tahunan MPR Tahun 2016 di Jakarta, Selasa, (16/08). Pada Rabu (11/9) petang, B.J.Habibie meninggal dunia. Menteri ESDM Ignasius Jonan mengenang Habibie sebagai sosok yang menginspirasi perkembangan teknologi Indonesia.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya Presiden ketiga RI Bacharudin Jusuf Habibie. Menurut Jonan, Habibie adalah tokoh bangsa yang memberikan banyak inspirasi terkait perkembangan teknologi di Indonesia serta membawa semangat bangsa untuk membangun industri dirgantara.

Jonan mengaku mengenal sosok Habibie sejak dirinya masih berada di bangku sekolah menengah. Bahkan sejak usia Jonan masih belasan tahun, Habibie sudah memimpin Kementerian Riset dan Teknologi.

"Belakangan kadang-kadang ya saya juga dapat mengobrol dengan beliau, banyak nasihat dari beliau, bagaimana membawa bangsa ini menjadi lebih maju mengikuti perkembangan teknologi dan sebagainya," ungkap Jonan saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Kamis (12/9).

Lebih lanjut, Jonan mengatakan Indonesia telah kehilangan salah satu tokoh penting dalam mendorong perkembangan teknologi modern di Indonesia. Apalagi Habibie dianggapnya sebagai sosok nasional yang mendorong cikal bakal penciptaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) "Adanya BPPT juga dari beliau," ungkap Jonan.

(Baca: Mengenang BJ Habibie dan Persembahan Terakhir untuk Ainun)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...