Toyota Astra Prediksi Target Penjualan 1,1 Juta Mobil Tak Tercapai

Rizky Alika
21 Agustus 2019, 22:01
toyota astra motor
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, mobil Toyota di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Toyota Astra memproyeksi target penjualan mobil sebesar 1,1 juta tahun ini tak tercapai.

PT Toyota Astra Motor (TAM) memproyeksi target penjualan kendaraan sebesar 1,1 juta pada tahun ini tidak akan tercapai. Apalagi, momentum penjualan mobil telah lewat.

Biasanya, penjualan mobil bisa terdongkrak dengan acara tahunan Indonesia Motor Show (IMS) dan Gakindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Executive General Manager TAM Fransiskus Soerjopranoto memperkirakan penjualan mobil tahun ini akan meleset tipis dari target berkisar 1.060-1.070 unit. 

Hingga Juli 2019, penjualan mobil domestik baru mencapai 570.331 unit atau baru mencapai 51,8% dari target sebesar 1,1 juta unit pada tahun ini. Penjualan mobil hingga Juli 2019 turun sebesar 13,75% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Soerjopranoto mengatakan penurunan penjualan mobil terjadi lantaran adanya Pemilihan Presiden (pilpres) pada paruh pertama tahun ini. Perlambatan penjualan mobil ini kerap terjadi setiap pilpres dilaksanakan.

Selain itu, perang dagang yangterus berlanjut juga berdampak pada resesi ekonomi di sejumlah negara. Kedua faktor tersebut membuat pembelian kendaraan tertahan lantaran sejumlah pihak masih wait and see.

(Baca: Penjualan Mobil Selama Tujuh Bulan Tahun Ini Turun 13,7%)

Meski begitu, Agen Penjual Mobil (APM) telah melakukan antisipasi terhadap kondisi tersebut. Salah satunya dengan meluncurkan produk baru yang lebih banyak dibandingkan 2018 lalu.

"Toyota saja tahun lalu meluncurkan enam produk baru. Tahun ini kami sudah keluarkan enam produk, dan akan ada tiga produk baru lagi," ujar Soerjopranoto ke Katadata.co.id pada Rabu (21/8).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...