JK: Anggaran Pembangunan dan Subsidi Papua Capai Rp 100 Triliun

Michael Reily
20 Agustus 2019, 15:04
Jusuf Kalla, kerusuhan di papua barat, freeport
Arief Kamaludin|Katadata
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyatakan pemerintah telah memberikan anggaran pembangunan dan subsidi untuk Papua dan Papua Barat sebesar Rp 100 triliun. Selain itu, pemerintah juga menerapkan otonomi daerah untuk Papua dan Papua Barat.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan pemerintah punya komitmen untuk membangun Papua dan Papua Barat lewat anggaran dan subsidi yang mencapai Rp 100 triliun. Dia mengungkapkan anggaran itu jauh lebih besar daripada pajak dari gas di Papua dan royalti PT Freeport Indonesia yang hanya sekitar Rp 20 triliun.

JK mengungkapkan pemerintahan saat ini tidak melihat Papua dari sudut pandang keuntungan ekonomi. "Jadi Papua disubsidi besar-besaran, dibandingkan apa yang diperoleh dari pajak Papua. Pemerintah membangun Papua luar biasa. Negara sekarang memberikan anggaran yang luar biasa," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Selasa (20/8).

Advertisement

(Baca: Pemerintah Alokasikan Rp 13 Triliun untuk Papua dalam RAPBN 2020)

Pemerintah juga telah memberikan komitmen politik yang besar kepada Papua dan Papua Barat. Dia mengungkapkan pimpinan provinsi Papua dan Papua Barat hanya bisa diisi oleh orang asli daerah.

"Secara hukum, teman-teman di Papua bisa jadi gubernur di Jawa Barat. Orang Sulawesi tidak bisa jadi gubernur di Papua. Itu otonomi politik luar biasa," kata JK.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement