Tiongkok Minta Pemerintah Lindungi Hak Nelayannya Terkait Tewasnya ABK

Image title
11 Juli 2020, 11:09
Tiongkok, pemerintah, wni, kapal, anak buah kapal
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/foc.
Ilustrasi, anak buah kapal. Tiongkok meminta pemerintah Indonesia mengambil tindakan tegas terkait tewasnya ABK WNI di kapal Tiongkok.

Pemerintah Tiongkok mendesak Indonesia mengambil tindakan tegas terkait tewasnya anak buah kapal (ABK) berkewarganegaraan Indonesia. ABK tersebut meninggal dunia di dalam kapal Tiongkok.

Negara Tirai Bambu itu juga meminta pemerintah melindungi hak nelayannya."Tiongkok memberikan perhatian soal ini. Kami meminta pihak Indonesia mengambil tindakan konkret dan efektif untuk melindungi hak dan kepentingan kapal nelayan dan anggota kru," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian di Beijing, seperti dilansir dari Antara pada Sabtu (11/7).

Advertisement

Lijian menyatakan negaranya bakal terus menjalin komunikasi secara intensif dengan pihak Indonesia mengenai kasus itu. Dia pun berharap masalah itu bisa tertangani secara tepat dan cepat.

Lebih lanjut, Dia mengklaim, kapal penangkap ikan tersebut berlayar secara normal di rute internasional. Namun pihaknya menyayangkan sikap Indonesia yang menahan kapal penangkap ikan berbendera Tiongkok tanpa pemberitahuan terlebih dulu.

(Baca: Dua ABK Loncat dari Kapal Tiongkok, Korban Kerja Paksa Kian Bertambah)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement